Impor Tinggi, Jokowi: Buka Lebar Investasi di Sektor Baja & Petrokimia

Dimas Jarot Bayu
11 Desember 2019, 17:30
jokowi, investasi, petrokimia, baja
ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
Presiden Joko Widodo bersama Prajogo Pangestu dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang meresmikan pabrik baru milik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk di Cilegon, Banten. Jokowi ingin kesempatan investasi di sektor petrokimia dan baja dibuka lebih lebar.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar peluang investasi untuk industri substitusi impor dibuka lebar. Terutama di industri sektor baja dan petrokimia untuk memangkas impor yang cukup besar di dua sektor ini.

Jokowi mengatakan, impor di sektor baja dan petrokimia berkontribusi terhadap total impor bahan baku penolong yang mencapai 74,06%. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), impor baja mencapai US$ 8,6 miliar. Sementara, impor di industri petrokimia mencapai US$ 4,9 miliar.

“(Peluang investasi di industri baja dan petrokimia) harus betul-betul dibuka karena ini merupakan substitusi impor,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/12).

Menurut Jokowi, dorongan investasi di industri baja dan petrokimia tak hanya bisa memangkas impor tetapi juga akan menciptakan nilai tambah karena membuka lapangan kerja yang cukup besar.

(Baca: Jokowi Targetkan Impor Bahan Baku Petrokimia Bisa Disetop pada 2024)

Atas dasar itu, Jokowi meminta Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan untuk segera mencari cara mendorong investasi di industri baja dan petrokimia. “Harus ada langkah quick win yang betul konkret,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta agar implementasi mandatori biodiesel 30% (B30) bisa dilakukan pada Desember 2019 atau lebih cepat satu bulan dari target sebelumnya di Januari 2020. “Saya juga minta ditingkatkan kampanye peningkatan penggunaan produk dalam negeri, termasuk optimalisasi kandungan TKDN dalam proyek pemerintah,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...