Pemerintah Siap Ekspor Beras hingga Ayam ke Arab Saudi

Rizky Alika
13 Desember 2019, 10:04
No image
Pekerja mengangkut karung berisi beras di Gudang Perum Bulog Divre DKI Jakarta dan Banten, Kelapa Gading, Jakarta, Kamis (5/12/2019). pemerintah sedang menjajaki ekspor beras ke Arab Saudi.

Pemerintah Indonesia tengah  mendorong ekspor beras ke Arab Saudi. Sebab, saat ini Arab Saudi masih mengimpor kebutuhan berasnya dari Thailand, India dan kawasan Amerika.

"Kita akan mengekspor beras ke Arab Saudi, paling tidak beras yang kita ekspor bisa digunakan untuk kebutuhan makan para jamaah haji dan umrah di sana," kata Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Banun Harpini dikutip dari siaran pers, Jumat (13/12).

(Baca: Tak Kompetitif, Ongkos Produksi Beras RI 2,5 Kali Lipat dari Vietnam)

Selain beras, Indonesia juga akan mengekspor komoditas unggas, ayam, dan produk olahan ayam, termasuk ayam beku juga akan diekspor ke Arab Saudi.

Saat ini, sumber ayam di Negara Minyak tersebut masih didapat dari Brasil, yang mana sebagian pasokanntya mengandung salmonella. Akibatnya, impor ayam beku di Arab Saudi diberhentikan sementara.

Sedangkan untuk produk hortikultura, produk yang potensial untuk diekspor ke Arab ialah pisang cavendish dan nanas. Kedua komoditas tersebut juga telah diekspor ke berbagai negara.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...