Go-Jek Kembali Dikabarkan Bakal Caplok Saham Blue Bird

Cindy Mutia Annur
16 Desember 2019, 20:43
gojek, blue bird, akuisisi
Arief Kamaludin|Katadata
Ilustrasi taksi Blue Bird. Go-Jek dikabarkan bakal mengakuisisi 5% saham Blue Bird seharga Rp 420 miliar.

Perusahaan layanan on demand asal Indonesia, Go-Jek, dikabarkan tengah dalam proses untuk mengakuisisi 5% saham PT Blue Bird Tbk. Dilansir dari Bloomberg, Senin (16/12), Go-Jek disebut akan membayar sekitar Rp 420 miliar untuk saham perusahaan berkode emiten BIRD tersebut.

Dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Vice President Corporate Communications Go-Jek Kristy Nelwan menolak untuk berkomentar. Sama halnya dengan Blue Bird yang hingga berita ini diturunkan belum menjawab konfirmasi Katadata.co.id.

"Perusahaan tidak dapat mengomentari spekulasi pasar. Kami memiliki kemitraan bisnis dengan Blue Bird yang memungkinkan pelanggan mendapatkan akses ke layanan taksi melalui aplikasi kami," ujar Kristy kepada Katadata.co.id, Senin (16/12).

(Baca: Blue Bird Sebut Belum Ada Diskusi soal Akuisisi dengan Go-Jek)

Sebagai informasi, potensi nilai transaksi sebesar Rp 420 miliar, mencapai lebih dari 20% di atas harga penutupan saham Blue Bird hari ini di level Rp 2.750 per saham. Dengan tawaran tersebut, Go-Jek akan menghargai perusahaan taksi tersebut sekitar US$ 600 juta atau sekitar Rp 8,4 triliun.

Akuisisi saham Blue Bird oleh Go-Jek merupakan kelanjutan dari kemitraan kedua perusahaan dalam bisnis transportasi. Seperti diketahui pengguna aplikasi Go-Jek dapat memesan taksi Blue Bird melalui platform tersebut. Kerjasama strategis ini merupakan upaya Go-Jek untuk bersaing dengan Grab.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...