Jokowi Rencanakan Pembangunan Jalan Tol di Ibu Kota Baru pada 2020

Dimas Jarot Bayu
17 Desember 2019, 17:19
Jalan tol di kalimantan, Tol Balsam, Ibu Kota baru, Jokowi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda seksi 2,3 dan 4 di Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Selasa (17/12/2019).

Presiden Jokowi merencanakan pembangunan jalan tol untuk menghubungkan ibu kota baru di Penajam Paser Utara dengan Balikpapan dan Samarinda. Rencananya, tol tersebut bakal tersambung dengan ruas Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) yang merupakan tol pertama di Kalimantan.

Jokowi menyatakan, pembangunan tol tersebut bakal segera dimulai. “(Pembangunan) Tahun depan,” kata dia di depan gerbang Tol Samboja, Kalimantan Timur, Selasa (17/12).

Menurut dia, studi terkait pembangunan jalan tersebut sudah mulai dikerjakan. Setelah studi selesai, pemerintah akan langsung memulai pembangunannya.

(Baca: Temui Tokoh Adat Kaltim, Jokowi Minta Izin Bangun Ibu Kota Baru)

Adapun Jokowi telah meresmikan sebagian ruas Tol Balsam yakni seksi II hingga IV yang membentang sepanjang 53,8 kilometer dari Samboja hingga Samarinda. Secara keseluruhan, Tol Balsam direncanakan memiliki panjang 99,3 kilometer.

Secara rinci, seksi II membentang dari Samboja ke Muara Jawa sepanjang 30,98 kilometer. Sedangkan Seksi III berada di Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 kilometer. Kemudian, Seksi IV sepanjang 17,95 kilometer dari Palaran-Samarinda.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...