Rekomendasi Wisata Akhir Tahun, dari Museum hingga Glamping

Hari Widowati
17 Desember 2019, 11:42
libur Natal dan tahun baru, destinasi wisata favorit, lokasi wisata jabodetabek, Museum Macan, Taman Wisata Alam Mangrove, Kota Tua, Houbii Adventure Park, Glamping Gunung Pancar
TWITTER @JakartaTourism
Taman Wisata Alam Mangrove, Kapuk menjadi salah satu destinasi wisata alternatif saat libur Natal dan Tahun Baru.

Libur Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Liburan akhir tahun harus diisi dengan hal-hal yang menyenangkan namun tetap produktif. Tujuannya, setelah liburan nanti kita semakin bersemangat menghadapi rutinitas sehari-hari.

Tak perlu kecewa jika Anda tak punya banyak waktu untuk pergi berlibur ke luar kota. Di Jakarta dan sekitarnya pun ada banyak destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan untuk mengisi liburan bersama keluarga. Berikut destinasi wisata di Jabodetabek yang menjadi pilihan Katadata:

1. Museum MACAN (Modern and Contemporary Art in Nusantara)

Museum yang baru berusia dua tahun ini cocok bagi Anda yang menyukai seni modern kontemporer. Di museum ini terdapat 800 karya seni dari seniman Indonesia maupun internasional. Salah satu karya yang paling terkenal adalah instalasi Infinity Mirrored Room karya Yayoi Kusama.

Instalasi ini berupa ruangan berbentuk kubus bermandikan cahaya light emitting diode (LED) warna-warni. Seluruh sisi ruangan ini dilapisi cermin, sehingga cahaya warna-warni itu terlihat tidak berujung dan indah. Namun, pengunjung hanya bisa menikmati ruangan ini selama 30 detik kemudian harus bergantian dengan pengunjung lainnya.

Anak-anak juga dapat menikmati museum ini, tepatnya di Ruang Seni Anak. Ada banyak aktivitas yang ditawarkan untuk anak-anak, seperti membuat stempel karet, membuat rangkaian dari karet gelang warna-warni, dan bermain congklak dengan biji karet di permainan main getah (rubberscape).

Museum Macan terletak di AKR Tower Level M, Jakarta Barat. Pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 100 ribu untuk tiket masuk orang dewasa dan Rp 80 ribu untuk anak usia 3-12 tahun. Ada juga potongan harga untuk pelajar dan lansia, mereka cukup membayar Rp 90 ribu. Museum buka dari hari Selasa hingga Minggu, pukul 10.00-19.00 WIB. Loket penjualan tiket tutup pukul 18.00 WIB.

(Baca: Melirik Wisata Kebun Kopi di Dusun Sirap)

Karya Xu Bing di Museum Macan
Karya Xu Bing di Museum Macan (Dok. Museum Macan)

2. Houbii Urban Adventure Park

Masih dengan tema wisata indoor, destinasi ini cocok untuk anak-anak hingga dewasa. Houbii memiliki beragam wahana yang mendorong pengunjungnya untuk bergerak bebas. Mulai dari melompat di atas trampolin, memanjat tali di Rope Course, bermain bola di Dodge Ball Arena, atau meluncur di Extreme Slide.

Houbii tidak membatasi waktu bermain bagi pengunjungnya, karena memiliki kapasitas cukup besar, yaitu 500 orang dalam satu ruangan. Houbii ada di Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Houbii buka dari pukul 12.00 hingga 21.00 WIB pada hari kerja, dan dari pukul 08.00-21.00 WIB pada akhir pekan. Tiket masuknya berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 280 ribu, tergantung pada hari kunjungannya.

(Baca: Panduan Wisata ke Taman Nasional Lorentz, Google Doodle Hari Ini)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...