Setelah UKM dan Pendidikan, Fintech Kredit Pintar Incar Pasar Syariah

Cindy Mutia Annur
21 Desember 2019, 05:50
Vice President Kredit Pintar Boan Sianipar di Jakarta, Senin (15/4).
Kredit Pintar
Vice President Kredit Pintar Boan Sianipar di Jakarta, Senin (15/4).

Perusahaan fintech lending Kredit Pintar telah menyalurkan pinjaman lebih dari Rp 6 triliun sepanjang 2019. Angka itu melebihi target perusahaan, yakni tumbuh 100% dari penyaluran tahun lalu sebesar Rp 2,2 triliun.

Untuk menjaga tren pertumbuhan tersebut, perusahaan berencana untuk merambah berbagai sektor baru, termasuk lini bisnis syariah pada 2020. VP President Kredit Pintar Boan Sianipar mengatakan, layanan syariah punya pasar yang menjanjikan di Indonesia. "Ini masih kami kaji," ujar Boan saat ditemui di Jakarta, Jumat (20/12).

Boan melanjutkan, perusahaan masih harus mempersiapkan sejumlah hal untuk merambah sektor tersebut. Mulai dari membuat unit usaha baru, mengurus rekomendasi dari Dewan Pengawas Syariah (DPS), hingga mengajukan izin ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Menurutnya, perusahaan membuka opsi untuk merambah sektor syariah melalui kolaborasi dengan pemain fintech lainnya. Hanya, ia masih enggan menyebut nama calon mitranya. "Kami bisa saling belajar dan melengkapi untuk membuat industri fintech dan sektor (syariah) ini menjadi lebih baik," ujarnya.

(Baca: Akseleran & Koinworks Direstui OJK, Ini Daftar 25 Fintech P2P Berizin)

Setelah bermitra dengan LinkAja, Kredit Pintar juga membuka peluang untuk berkolaborasi dengan sesama fintech lending. Alasannya, tiap fintech pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

"(Bentuk kolaborasi) tergantung komersialnya. Intinya, kami ingin saling berbagi pengetahuan antarfintech, misalnya terkait OCR (Optical Character Recognition) atau underwriting (indentifikasi resiko). Itu bakal menarik," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Pingit Aria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...