Jokowi Resmi Implementasikan B30 Hari Ini

Dimas Jarot Bayu
23 Desember 2019, 11:05
Jokowi Resmi Implementasikan B30 Hari Ini.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Ilustrasi bahan bakar minyak B20, B30, B0, dan B100. Implementasi mandatori B30 resmi berlaku mulai hari ini, setelah dibuka secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan kebijakan bauran minyak sawit dengan bahan bakar solar 30% atau B30 secara simbolis di SPBU Pertamina MT Haryono, Jakarta. Dengan begitu, mandatori B30 resmi diimplementasikan mulai hari ini, Senin (23/12). 

Dalam peresmian ini, Jokowi hadir didampingi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Kemudian, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

“Dengan mengucap bismillah, saya nyatakan implementasi B30 dimulai pada hari ini,” kata Jokowi.

(Baca: Kalkulasi Serapan B30 Setelah Eropa Kenakan Bea Masuk Biodiesel)

Menurut Presiden, percepatan implementasi B30 dilakukan karena Indonesia harus mencari sumber-sumber energi baru terbarukan (EBT). Selain itu, Indonesia tak boleh terus bergantung dengan energi fosil yang pasti akan habis.

Kepala Negara juga menilai, pengembangan EBT untuk menunjukkan komitmen Indonesia menjaga bumi. “Menjaga energi bersih dengan menurunkan emisi gas karbon dan untuk meningkatkan kualitas lingkungan,” kata Jokowi.

Dengan implementasi B30, diharapkan akan mendukung ketahanan dan kemandirian energi nasional. Lebih lanjut, dia juga menilai B30 diharapkan dapat mengurangi impor migas yang kerap menimbulkan defisit neraca dagang dan defisit transaksi berjalan.

Jika Indonesia konsisten menerapkan B30, Jokowi memperkirakan Indonesia akan menghemat devisa sekitar Rp 63 triliun. “Jumlah yang sangat besar sekali,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...