Profil Zulkifli Zaini, Bankir Kawakan Bank Mandiri yang Jadi Dirut PLN

Hari Widowati
23 Desember 2019, 17:48
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Senin (23/12), memutuskan Zulkifli Zaini menjabat sebagai direktur utama menggantikan Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani.
Dok. Bank Mandiri
Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), Senin (23/12), memutuskan Zulkifli Zaini menjabat sebagai direktur utama menggantikan Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani.

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memutuskan Zulkifli Zaini sebagai direktur utama menggantikan Plt Dirut PLN Sripeni Inten Cahyani, Senin (23/12). Nama Zulkifli, yang dikenal sebagai mantan dirut PT Bank Mandiri Tbk ini, baru muncul belakangan setelah sebelumnya nama Rudiantara santer dikabarkan menjadi orang nomor satu di PLN.

"Pak Zulkifli memiliki rekam jejak yang sangat baik, siap berkeringat dan berakhlak," kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dalam keterangan pers yang diterima Katadata, Senin (23/12).

Erick akan intens melaksanakan pertemuan dengan direksi dan komisaris PLN untuk memastikan program-program prioritas pemerintah terlaksana. PLN bertugas merealisasikan rasio elektrifikasi 100% dan menciptakan tarif listrik yang efisien. Selain itu, PLN juga ditugaskan meningkatkan penggunaan energi baru terbarukan (EBT) sebagai sumber listrik.

Siapakah Zulkifli Zaini? Pria kelahiran Bukittinggi, 13 Januari 1956 itu adalah lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) 1980. Ia meraih gelar master of business administration dari Washington University, Amerika Serikat pada 1994.

Ia mengawali kariernya sebagai bankir pada 1983 di Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo), salah satu bank yang kemudian melebur menjadi Bank Mandiri. Seperti dilansir oleh Okezone, pria yang gemar olahraga golf dan traveling ini sempat menempati sederet posisi selama di Bapindo. Antara lain, account officer, staff of banking and finance services, head of project finance, deputy branch manager, dan terakhir branch manager.

(Baca: Erick Thohir Tunjuk Zulkifli Zaini Jadi Dirut PLN)

Pengganti Agus Martowardojo di Bank Mandiri

Nama Zulkifli semakin dikenal di dunia perbankan ketika dipercaya menjadi direktur utama Bank Mandiri pada 2010 hingga 2013. Ia menggantikan Agus Martowardojo yang diangkat menjadi Menteri Keuangan RI. Seperti dikutip dari Liputan6.com, Zulkifli juga sempat menjadi calon Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) namun kandas di tengah jalan.

Selama menduduki kursi tertinggi di Bank Mandiri, Zulkifli terlibat dalam pendanaan PLN di program 10 ribu megawatt (MW) pada era kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pada 2013, Menteri BUMN Dahlan menunjuknya sebagai komisaris PLN sejak Juli 2013 hingga April 2015.

Setelah purnatugas dari PLN, Zulkifli kembali berkiprah di industri perbankan dengan menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dari Maret 2015 hingga Maret 2016. Kemudian, ia ditarik menjadi Komisaris Independen PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) periode Juni 2016 sampai November 2017.

Posisi terakhir Zulkifli adalah Dewan Pengawas Ikatan Bankir Indonesia (IBI) dan Komisaris Independen PT Bank Permata Tbk. Pada 2012, ayah dari dua orang anak ini meraih penghargaan sebagai The Best Chief Executive Officer in Indonesia. Penghargaan itu diperoleh dari Corporate Governance Asia.

(Baca: Erick Thohir Sebut Rudiantara Kandidat Dirut PLN, Susi Tak Masuk Bursa)

Penulis: Galuh Destya Ramadhani (Magang)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...