Agar Harga Tiket Murah, Maskapai Desak Avtur Satu Harga ke Pemerintah

Image title
26 Desember 2019, 20:47
maskapai, harga avtur, tiket pesawat
ANTARA FOTO/MUHAMMAD IQBAL
Ilustrasi pesawat terbang maskapai Garuda Indonesia. INACA meminta pemerintah segera merealisasikan avtur satu harga antara Indonesia barat dan timur.

Indonesia National Air Carriers Association atau INACA meminta pemerintah segera merealisasikan avtur  satu harga antara Indonesia barat dan timur. Ini agar dapat mengurangi biaya operasional maskapai sehingga harga tiket pesawat lebih murah.

Ketua Umum INACA, Denon B Prawiraatmadja mengatakan harga avtur dan nilai tukar rupiah mempengaruhi tarif tiket pesawat. Dia berharap pemerataan ongkos bahan bakar jet bisa direalisasikan pemerintah tahun depan. 

Advertisement

"Kalau biaya komponen bisa turun, harapannya harga tiket bisa turun," kata Ketua Umum INACA, Denon B Prawiraatmadja usai menghadiri pertemuan dengan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto di Jakarta, Kamis (26/12).

(Baca: Banyak Diskon, Menhub Klaim Harga Tiket Pesawat di Akhir Tahun Membaik)

Selain itu Denon juga berharap pemerintah dapat menurunkan persentase larangan dan pembatasan impor komponen pesawat terbang untuk efisiensi biaya oprasional.

Dia mengatakan rasio pembatasan impor onderdil pesawat mencapai 47%, lebih banyak dari negara tetangga. “Seperti di Malaysia itu hanya 17%,” kata Denon.

Denon juga menanggapi positif rencana pemerintah memberi kesempatan swasta yang ingin menjadi distributor avtur. Meski begitu, rencana masuknya saingan Pertamina itu belum menemui titik terang hingga sekarang.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement