IHSG Diramal Naik Usai Libur Natal, Saham Tambang Direkomendasikan

Image title
26 Desember 2019, 07:13
ihsg hari ini, ihsg naik, rekomendasi saham, saham pilihan
ANTARA FOTO/Reno Esnir
IHSG hari ini, Kamis (26/12), diprediksi naik dengan saham-saham pertambangan dapat menjadi pilihan untuk dikoleksi.

Beberapa analis memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (26/12), naik seiring dengan pasar yang masih melakukan window dressing jelang tutup tahun.

Window dressing ini seperti yang terjadi sejak perdagangan pada Jumat (13/12) lalu hingga Senin (23/12) dimana IHSG dalam rentang waktu tersebut naik hingga 2,7% dari level 6.139,39 ke level 6.305,91.

Saham-saham sektor tambang direkomendasikan lantaran pada perdagangan terakhir indeks sektor pertambangan meroket hingga 3,1%. Beberapa saham tambang yang bisa dikoleksi hari ini yaitu Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), Adaro Energy Tbk (ADRO), Perusahaan Perkebunan London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP), dan Medco Energi Internasional Tbk (MEDC).

Analis Artha Sekuritas Indonesia, Dennies Christoper Jordan mengatakan, IHSG bisa naik meskipun risiko dari sentimen global masih membayangi. "Investor lebih berani untuk masuk ke pasar modal jelang akhir tahun dan memanfaatkan momentum window dressing," ujarnya.

(Baca: Harga Saham Sektor Tambang Meroket, IHSG Ditutup Naik 0,34%)

Menurut analisis teknikalnya, pada perdagangan hari ini, IHSG akan bergerak dengan area resistance di level 6.341 hingga 6.324, sedangkan area support di level 6.280 hingga 6.253.

Beberapa saham yang dia rekomendasikan kepada investor pada perdagangan hari ini di antaranya Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG), H.M. Sampoerna Tbk (HMSP), dan Adaro Energy Tbk (ADRO).

Senada dengan Dennies, analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta juga memprediksi IHSG hari ini naik berdasarkan analisa secara teknikal. "Ada potensi bullish continuation pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke resistance terdekat," katanya.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...