Pengusaha Minta BI dan Menkeu Mewaspadai Dampak Pemakzulan Trump

Rizky Alika
20 Desember 2019, 20:10
Pengusaha Minta BI dan Menkeu Mewaspadai Dampak Pemakzulan Trump
ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA
ilustrasi gedung bertingkat dan kondisi perekonomian Indonesia. Kadin meminta Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mewaspadai dampak gejolak politik AS terhadap ekonomi dalam negeri.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi dimakzulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat pada Rabu (18/12) malam waktu setempat. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) meminta Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mewaspadai dampak pemakzulan tersebut terhadap perekonomian dalam negeri. 

Wakil Ketua Kadin Indonesia bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani mengatakan, BI dan Kemenkeu perlu siap siaga untuk melakukan intervensi makro sewaktu-waktu.

Menurutnya, dampak terhadap Indonesia memang bakal terjadi secara tidak langsung. "Namun kita tidak bisa santai, karena pada saat yang tenang bisa saja menjadi badai," kata Shinta kepada katadata.co.id, Jumat (20/12).

(Baca: Pemakzulan Trump, Sri Mulyani: Kita Harus Waspada)

Oleh karena itu, intervensi makro diperlukan bila sewaktu-waktu pasar AS bergejolak. Indonesia masih bisa menjalankan perekonomian seperti biasa hingga akhir tahun ini lantaran belum ada pergerakan signifikan di pasar AS pasca pemakzulan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya menyatakan Indonesia harus mewaspadai  dampak pemakzulan Trump. 

Dinamika politik di AS akan berpengaruh terhadap ekonomi negara tersebut. Di sisi lain, ekonomi AS jugabisa mempengaruhi ekonomi dunia. "Perlu kita waspadai karena AS merupakan negara dengan ekonomi terbesar dunia," kata Sri Mulyani saat ditemui di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (19/12).

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan proses pemakzulan Trump telah meningkatkan ketegangan politik di AS, yaitu antara Partai Demokrat dan Partai Republik. "Ini eskalasinya sangat tinggi," ucap dia.

Dampak ke Perdagangan

 Di sisi perdagangan, pemakzulan Trump  menurut Shinta bisa berdampak pada mundurnya penyelesaian sengketa dagang AS-Tiongkok. Sebab, perjanjian tahap pertama AS-Tiongkok diperkirakan tidak akan ditandatangani dalam waktu dekat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...