Incar Dana Rp 5,6 Triliun, Jiwasraya Akan Jual Portofolio Sahamnya

Image title
26 Desember 2019, 22:50
Logo Jiwasraya
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
Kementerian BUMN hari Kamis (26/12) mengatakan PT Asuransi Jiwasraya akan menjual portofolio saham dengan valuasi murah atau undervalue demi mendapatkan dana segar untuk memperbaiki likuditasnya. Targetnya, mereka bisa meraup Rp 5,6 triliun dari pelepasan saham berharga rendah itu

PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan menjual portofolio saham dengan valuasi murah atau undervalue demi mendapatkan dana segar untuk memperbaiki likuditasnya. Targetnya, mereka bisa meraup Rp 5,6 triliun dari pelepasan saham berharga rendah itu.

Namun Staf Khusus Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan langkah ini masih menunggu kondisi pasar modal kondusif. Ini agar harga saham yang tidak likuid tersebut membaik sebelum dijual.

“Kami teliti semuanya, banyak saham-saham yang (nilainya) puluhan miliar," kata Arya saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Kamis (26/12).

(Baca: Rapat dengan Jokowi, Sri Mulyani Sebut BUMN Tangani Keuangan Jiwasraya)

Arya juga membenarkan bahwa direksi lama Jiwasraya menghindari investasi pada saham kapitalisasi besar (blue chip). Alasannya jika membeli saham blue chip maka tidak bisa dilakukan dalam jumlah yang besar.

"Berarti dia (direksi lama) mengaku beli saham gorengan, mungkin ada blue chip tapi tidak banyak," kata Arya.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...