Perdagangan Perdana 2020, IHSG Diprediksi Lanjutkan Penurunan

Image title
2 Januari 2020, 06:57
IHSG, IHSG hari ini, Rekomendasi saham, Rekomendasi saham hari ini
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Pegawai mengamati layar pergerakan saham di Mandiri Sekuritas, Jakarta, Senin (22/7/2019).

Beberapa analis memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal terkoreksi pada perdagangan perdana tahun ini, melanjutkan koreksi pada akhir tahun lalu. IHSG ditutup terkoreksi 0,47% ke level 6.239 akhir tahun lalu, setelah empat hari berturut-turut ditutup menguat.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi mengatakan, berdasarkan analisis teknikal, IHSG hari ini akan mengalami tekanan. "IHSG akan mengalami tekanan pada perdagangan awal 2020 dengan support resistance 6265-6307," kata dia dalam riset tertulisnya.

(Baca: Saham-saham yang Paling Untung dan Buntung Sepanjang 2019)

Meski begitu, Lanjar mengatakan, pelaku pasar masih optimistis IHSG akan berada dalam tren penguatan awal tahun ini atas dasar sentimen global yang positif. Sentimen yang dimaksud di antaranya terkait kesepakatan dagang fase I antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

"Banyak pelaku pasar mengatakan mereka masih bullish untuk awal 2020," ujar Lanjar.

Menurut dia, saham-saham yang dapat dicermati secara teknikal di antaranya Indofood Sukses Makmur (INDF), Indo Tambangraya Megah (ITMG), Bukit Asam (PTBA), Vale Indonesia (INCO), Total Bangun Persada (TOTL), Summarecon Agung (SMRA), Media Nusantara Citra (MNCN), Mitra Adiperkasa (MAPI), dan Surya Esa Perkasa (ESSA).

(Baca: Omnibus Law Diprediksi Bakal Dongkrak IHSG ke Level 6.750 pada 2020)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...