Gojek & Grab Tanggapi Driver Ojol Minta Keringanan Sanksi Saat Banjir

Cindy Mutia Annur
3 Januari 2020, 17:07
Gojek dan Grab tanggapi permintaan asosiasi ojek online agar diberi keringanan sanksi selama banjir di jabodetabek
ANTARA FOTO/Fauzan
Ilustrasi, pengemudi ojek online melintas di Kali Perancis yang tercemar limbah di Dadap, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (3/10/2019).

Gabungan Aksi Roda Dua (Garda) berharap Gojek dan Grab tidak memberikan sanksi kepada mitra pengemudi ojek online, lantaran tak mengambil pesanan karena terdampak banjir. Kedua decacorn itu pun menanggapi permintaan tersebut.

Head of Operations and City Growth GrabBike Grab Indonesia Nocky Yudoprayitno mengatakan, perusahaannya sudah memberikan keringanan bagi mitra pengemudi GrabBike di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Sebab, masyarakat di wilayah ini terdampak banjir.

“Hal itu telah kami komunikasikan kepada para mitra pengemudi sejak 2 Januari,” kata Nocky kepada Katadata.co.id, hari ini (3/1). Namun, ia tidak menjelaskan secara rinci keringanan yang dimaksud.

Selain itu, Grab memberikan informasi mengenai titik-titik yang terdampak banjir kepada mitra pengemudi. Perusahaan juga menginformasikan tentang cara-cara berkendara aman selama musim hujan sebagai upaya preventif, melalui aplikasi mitra.

(Baca: Banjir, Asosiasi Ojek Online Minta Gojek & Grab Tak Beri Sanksi Mitra)

Nocky mengatakan, mitra dapat memanfaatkan GrabBenefits pada aplikasi mereka supaya mendapat diskon saat melakukan perawatan dan pengecekan kendaraan. Hal itu berlaku di merchant yang bekerja sama dengan Grab.

Sedangkan Gojek tidak berkomentar perihal keringanan sanksi. Namun, decacorn Tanah Air itu menghadirkan InApp navigation yang memberikan informasi kepada mitra pengemudi terkait jalan yang bisa diakses.

“Sistem Gojek mendukung mitra pengemudi kami untuk dapat tetap melayani dengan baik masyarakat di situasi banjir seperti ini, misalnya dengan keberadaan InApp navigation pada aplikasi mitra driver, yang membantu mitra menghindari rute-rute yang tertutup aksesnya," ujar Senior Manager Corporate Affairs Gojek Alvita Chen.

(Baca: Pengiriman Barang E-Commerce Terhambat Imbas Banjir)

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...