Mahfud Tegaskan Tak Ada Negosiasi dengan Tiongkok Soal Natuna

Dimas Jarot Bayu
6 Januari 2020, 11:46
mahfud md, tiongkok, natuna, sengketa natuna
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menko Polhukam Mahfud MD mengatakan Indonesia tak akan bernegosiasi dengan Tiongkok mengenai masalah di Laut Natuna Utara.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mengatakan Indonesia tak akan bernegosiasi dengan Tiongkok mengenai masalah di Laut Natuna Utara. Dia menganggap Beijing telah melanggar hukum lantaran masuk tanpa izin ke Natuna Utara yang merupakan wilayah RI.

Hal ini sesuai dengan ketetapan United Nations Convention for The Law of The Sea (UNCLOS) atau konvensi Hukum Laut PBB pada 1982. Karena itu pemerintah akan terus mengusir kapal yang masih berlayar dan menangkap ikan di Laut Natuna Utara.

“(Laut Natuna Utara) itu daerah kedaulatan kita dan kedaulatan itu harus dijaga oleh kita bersama sebagai bangsa,” kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Senin (6/1).

(Baca: TNI Pantau Kapal Pukat Harimau Tiongkok Mencuri Ikan di Laut Natuna)

Namun Mahfud juga menjelaskan hubungan bilateral dua negara tetap berlanjut lantaran tidak dalam kondisi perang. Dia mengatakan RI yang sedang berupaya mempertahankan kedaulatan di kawasan Laut Natuna Utara.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...