Mentan Antisipasi Harga Cabai dan Bawang Merah Naik Akibat Banjir

Rizky Alika
6 Januari 2020, 19:05
Menteri Pertanian Antisipasi Harga Cabai dan Bawang Merah Naik Akibat Banjir
Ilustrasi, pedagang sayur menata dagangannya di Pasar Minggu, Jakarta, Selasa (26/11/2019).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berfokus mengantisipasi kenaikan harga cabai dan bawang merah akibat banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Ia meminta pejabat eselon I dan II untuk memantau harga di pasar.

"Sudah dalam pengendalian lapangan dan kerja sama dengan pemerintah daerah, kabupaten, dan provinsi," kata Syahrul di Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jakarta, Senin (6/1).

Menurut dia, sejauh ini kenaikan harga cabai dan bawang merah masih terkendali dan tergolong wajar. Karena itu, Kementerian Pertanian hanya melakukan intervensi terbatas saat terjadi kekurangan pasokan.

Secara keseluruhan, Syahrul menilai kenaikan harga bahan pangan tidak signifikan. "Secara umum, stok di lapangan berada dalam kontrol, cukup," ujar dia.

(Baca: Cuaca Ekstrem Kerek Harga Pangan, Inflasi November Capai 0,20% )

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPS), harga beberapa jenis cabai di DKI Jakarta naik. Harga cabai merah besar naik 60,77% dibandingkan akhir pekan lalu, menjadi Rp 75.000 per kilogram.

Kemudian, harga cabai merah keriting naik 25,85% menjadi Rp 65.000 per kilogram. Harga cabai rawit hijau meningkat 30,38% menjadi Rp 50.000 per kilogram.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...