Pemerintah Akan Mobilisasi Nelayan Berlayar di Laut Natuna Utara

Dimas Jarot Bayu
6 Januari 2020, 12:20
Laut Natuna, TNI Siaga Natuna, Nelayan, Mahfud MD
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
KRI Teuku Umar-385 melakukan peran muka belakang usai mengikuti upacara Operasi Siaga Tempur Laut Natuna 2020 di Pelabuhan Pangkalan TNI AL Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (3/1/2020).

Pemerintah berencana memobilisasi nelayan dari Pantai Utara (Pantura) Jawa untuk menangkap ikan di Laut Natuna Utara. Hal itu dilakukan setelah kapal-kapal dari Tiongkok bersikukuh menerobos sekaligus menangkap ikan secara ilegal di wilayah perairan tersebut.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD. Menurut dia, mobilisasi nelayan Pantura perlu dilakukan untuk menunjukkan kehadiran Indonesia di Laut Natuna Utara.

“Pemerintah akan mendukung saudara-saudara untuk ke (Laut Natuna Utara) sana,” kata Mahfud saat menemui 120 nelayan dari Pantura di kantornya, Jakarta, Senin (6/1).

(Baca: Dasar Hukum Klaim Laut Natuna Versi Indonesia vs Tiongkok)

Ia menjelaskan, selama ini, tidak banyak nelayan Indonesia yang melaut di wilayah perairan tersebut karena berbagai kendala. Padahal, Laut Natuna Utara merupakan kawasan perairan yang kaya akan sumber daya laut.

“Warga Negara Indonesia seperti saudara-saudara juga berhak atas ikan-ikan dan pemanfaatan sumber daya laut yang ada di sana berdasar hukum,” kata Mahfud.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...