Menteri Erick Thohir Panggil Enam Direksi BUMN Bahas Ibu Kota Baru

Image title
7 Januari 2020, 20:06
Menteri Erick Thohir Panggil Enam Direksi BUMN Bahas Ibu Kota Baru
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Ilustrasi, Menteri BUMN Erick Thohir mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memanggil enam direksi perusahaan pelat merah untuk membahas ibu kota baru di Kalimantan Timur. Dua di antaranya PT PP dan PT Garuda Indonesia.

Direktur Utama PT PP Lukman Hidayat menjelaskan, pemindahan ibu kota Indonesia akan melibatkan banyak BUMN. Karena itu, akan ada penanggung jawab di setiap kegiatan supaya lebih fokus.

"Pembahasan tadi dalam rangka pemindahan ibu kota baru. Apa yang harus kami lakukan supaya tidak ketinggalan. Kalau tidak salah, ingin dibentuk PIC," ujar Lukman, di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (7/1).

Hal senada disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama Garuda Indonesia Fuad Rizal. Namun, ia enggan menjelaskan secara rinci terkait hasil pertemuan itu.

Selain itu, Erick Thohir memanggil empat direksi BUMN lainnya. Di antaranya Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi, Direktur Angka Pura II Muhammad Awaluddin, Direktur Utama Hutama Karya Bintan Perbowo, dan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana.

(Baca: Rencana Induk Ibu Kota Baru Ditarget Rampung Paling Lambat Juli 2020)

Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga menjelaskan, kementerian ingin kawasan hutan di ibu kota baru tetap dijaga. Hal ini supaya hewan endemik tidak punah. Karena itu, BUMN akan melakukan tanggung jawab sosial (corporate social responsibility/CSR) melalui bina lingkungan.

Pertemuan itu juga membahas tentang rencana pembangunan BUMN Centre Tower, yang akan dipindahkan ke Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. "BUMN jadi tim advanced untuk menjaga lingkungan. Peran dalam pembangunan belum dibahas. Tapi pasti nanti ada lah siapa yang masuk," kata Arya.

Halaman:
Reporter: Fariha Sulmaihati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...