Konflik Iran-AS Kian Memuncak, IHSG dan Bursa Asia Berguguran

Happy Fajrian
8 Januari 2020, 13:43
ihsg hari ini, konflik iran as, ihsg sesi i
Monitor pergerakan harga saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). IHSG pada sesi I Rabu (8/1) turun 0,78% ke level 6.230,67 mengikuti bursa Asia lainnya yang terdampak sentimen konflik Amerika Serikat dan Iran.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) mengikuti mengikuti laju pergerakan bursa saham utama Asia yang seluruhnya bergerak turun. Kinerja IHSG dan bursa Asia dipengaruhi eskalasi konflik bersenjata antara Amerika Serikat (AS) dan Iran,  setelah Iran melancarkan serangan ke basis militer AS di Irak.

Pada perdagangan sesi I, IHSG turun 48,68 poin atau 0,78% ke level 6.230,67. Namun kinerja IHSG bukan yang terburuk di Asia. Ketika berita ini ditulis indeks Nikkei 225 turun paling dalam di Asia sebesar 1,48%, disusul Shanghai Composite 0,93%, Hang Seng 0,86%, Strait Times 0,75%, dan Kospi 0,67%.

Di sisi lain, harga minyak dan emas kompak naik setelah serangan balasan Iran ke basis militer AS di Irak. “Harga minyak dan emas naik setelah ada konfirmasi roket tersebut dari iran sehingga investor melakukan aksi panik jual saham dan masuk instrumen safe haven,” kata analis Artha Sekuritas Nugroho Fitriyanto.

Pergerakan bursa saham Asia hari ini pun juga merupakan dampak dari turunnya Wall Street. Pada penutupan Selasa (7/1) indeks Dow Jones turun 0,42%, Nasdaq turun tipis 0,03%, dan S&P 500 turun 0,28%. Selain itu indeks future CME E-mini S&P 500 turun lebih dari 1%.

(Baca: IHSG Diramal Melemah, Saham Tambang dan Pangan Direkomendasikan)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...