Luhut: Jokowi yang Usulkan Mari Pangestu Jadi Direktur Bank Dunia

Image title
10 Januari 2020, 19:58
Mari Pangestu Jadi Direktur Bank Dunia, Luhut: Presiden yang Usulkan.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ketua BPK Agung Firman Sampurna (kiri) berbincang dengan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Luhut ikut menanggapi terkait terpilihnya Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Bank Dunia.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan ikut mengomentari penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia. Menurutnya, penunjukan tersebut tak lepas dari peran Presidan Joko Widodo (Jokowi), yang mengusulkan nama mantan Menteri Perdagangan tersebut karena memiliki rekam jejak yang baik. 

Luhut menyebut, meskipun dia diusulkan presiden, proses seleksi sepenuhnya dilakukan Bank Dunia tanpa adanya intervensi dari pihak manapun. Ini menunjukkan Mari Elka merupakan kandidat terbaik.

"Yang terbaik yang dipilih. Presiden Jokowi yang usulkan," kata Luhut saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (10/1).

(Baca: Misi Bank Dunia, Lembaga Keuangan Global yang Rekrut Mari Pangestu)

Luhut menilai, Bank Dunia memilih Mari Elka merupakan keputusan yang tepat. Sebab, Mantan Menteri Perdagangan dan Menteri Pariwisata era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu memiliki rekam jejak yang baik selama di kabinet.

Sebelumnya,  Presiden Bank Dunia David Malpass mengumumkan penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan Bank Dunia. Pengangkatan Mari akan berlaku efektif pada 1 Maret 2020.  

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...