Misi Bank Dunia, Lembaga Keuangan Global yang Rekrut Mari Pangestu

Pingit Aria
10 Januari 2020, 16:21
Bank Dunia
Arief Kamaludin | Katadata

Presiden Bank Dunia David Malpass mengumumkan penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia. Jabatan baru Mari berlaku efektif pada 1 Maret 2020.

Mari dianggap berpengalaman sebagai Menteri. Ia juga mendapat pengakuan internasional sebagai ekonom, dan peneliti. “Kami dengan senang menyambut Mari ke Bank Dunia dalam peran pentingnya bagi institusi ini,” kata Malpass, Jumat (10/1).Top of Form

Terkait pengangkatannya, Mari mengatakan hal ini merupakan kehormatan besar. “Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini pada tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia,” ucapnya.

Bank Dunia merupakan Lembaga keuangan internasional yang menyediakan pinjaman lunak bagi negara berkembang. Dikutip dari laman resminya, misi Bank Dunia adalah adalah untuk mengurangi kemiskinan.

(Baca: Harapan BI kepada Mari Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia)

Bank Dunia menetapkan dua target pada 2030. Yang pertama, mengurangi angka kemiskinan ekstrem hingga di bawah 3%. Kemiskinan ekstrem menurut standar Bank Dunia adalah individu dengan penghasilan kurang dari US$ 1,9 atau sekitar Rp 26.200 per hari.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...