Jaga Laut Natuna, DPR Minta Prabowo Tambah Kapal Patroli Laut

Dimas Jarot Bayu
13 Januari 2020, 17:00
kemenhan, sufmi dasco, kapal coast guard, natuna
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
KRI Usman Harun-359 (kanan) melakukan konvoi di Laut Natuna, Jumat (10/1/2020). Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menambah kapal patroli laut (coast guard) di Laut Natuna Utara.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menambah kapal patroli laut (coast guard) di Laut Natuna Utara. Sebab, Dasco menilai salah satu persoalan yang dihadapi Indonesia ketika menjaga kawasan perairan tersebut adalah terbatasnya kapal penjaga.

Selain itu Dasco yang juga kader Partai Gerindra itu juga akan membahas penambahan kapal itu bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR. Apalagi pengadaan alat utama sistem persenjataan (alutsista) laut itu membutuhkan dana yang tidak sedikit.

Advertisement

“Kami akan dorong Kementerian Pertahanan untuk memperbanyak armada,” kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (13/1).

(Baca: Perkuat Eksistensi RI di Laut Natuna, Ini Saran Pakar Hukum)

Tak hanya itu, dia juga akan memanggil koleganya di Gerindra yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo untuk meminta penjelasan terkait kekurangan kapal coast guard. “Kami akan lihat kenapa di KKP selama ini kurang kapal-kapalnya. Saya akan tanya itu nanti,” ucap Dasco.

Hal senada disampaikan Wakil Ketua Komisi 1 DPR Abdul Kharis Almasyhari. Menurut Kharis, armada coast guard Indonesia perlu diperkuat agar bisa menghalau kapal-kapal pencuri ikan dari Tiongkok.

Tak hanya itu, Kharis meminta agar Indonesia terus melakukan diplomasi agar sengketa dengan Tiongkok bisa diselesaikan. “Kita tingkatkan jalur diplomasi untuk lebih kencang lagi,” kata Kharis.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement