Ahli IT Ungkap Sebab Auto Like Fanpage Akun Medsos Gubernur Anies

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Desy Setyowati

14/1/2020, 15.59 WIB

Beberapa pengguna Facebook mengeluh akunnya tiba-tiba menyukai (like) fanpage Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Ahli IT Ungkap Sebab Auto Like Fanpage Akun Media sosial Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
123RF.com
Ilustrasi Facebook

Beberapa pengguna Facebook mengeluh karena akunnya tiba-tiba menyukai (likefanpage akun media sosial Anies Baswedan. Dugaannya, hal itu terjadi karena fitur auto like. Ahli informasi dan teknologi (IT) menilai, akun yang bersangkutan terserang malicious software (malware).

Spesialis Keamanan Teknologi Vaksincom Alfons Tanujaya menjelaskan, ada tiga cara untuk meningkatkan jumlah like di fanpage akun Facebook. Di antaranya mengganti nama, menggabungkan (merger), dan malware.

Akun yang terinfeksi malware bisa dikendalikan oleh peretas. “Akun kena malware mirip dengan akun Facebook yang diambilalih. Jadi tergantung akun tersebut mau di-apa-kan,” kata dia kepada Katadata.co.id, hari ini (14/1).

Peretas bisa mengumpulkan informasi aktivitas pengguna yang akunnya diretas. Bahkan, mereka bisa menyukai fanpage tertentu atau mengunggah konten.

(Baca: Ahli IT Prediksi Penipuan Lewat Aplikasi & Malware AI Marak pada 2020)

Akan tetapi, menurut dia malware tersebut tidak datang dari fanpage yang disukai. Dalam kasus ini, fanpage yang dimaksud terkait Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebab, akun fanpage yang menyebarkan malware akan langsung diketahui oleh Facebook. Alfons menduga, malware menyebar melalui modus social engineering. Misalnya, pengguna membuka tautan di Facebook yang mengandung malware.

“Kalau menyebarkan malware melalui fanpage sama saja bunuh diri, karena langsung diidentifikasi,” kata Alfons.

Malware adalah aplikasi jahat yang bertujuan menyalahgunakan hak akses yang dimiliki oleh perangkat komputer atau akun onlineMalware bisa menginfeksi banyak tempat, tidak hanya komputer atau ponsel (smartphone), tetapi juga akun media sosial.

(Baca: Ahli IT Prediksi Serangan Siber Pakai Bot Semakin Masif Tahun Ini)

Ada beberapa pengguna Facebook yang mengeluh akunnya otomatis menyukai fanpage Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Salah satunya, pemilik akun Facebook bernama Laila Schafer merasa tidak menyukai fanpage tersebut.

Ia mengaku, akunnya tiba-tiba fanpage Anies Baswedan. "Saya tidak pernah like account Anies Baswedan, tapi mendadak di marked like. Saya sudah unmarked lagi icon like itu, ganti password dan report ke Facebook," dikutip dari akun Facebook tersebut, Rabu (8/1) lalu.

Begitu juga dengan pengguna Facebook bernama Ria Asaf. "Banyak beredar di WhatsApp Group, tiba-tiba menyukai fanpage Anis. Itu terjadi pada saya hari ini dan baru tahu setelah salah satu teman memberi tahu saya," kata dia melalui akunnya, Selasa (7/1) lalu.

(Baca: Marak Penipuan Lewat Kode OTP, Fintech Disarankan Pakai Sidik Jari)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan