Pemerintah Cabut Subsidi Elpiji 3 Kg Pertengahan Tahun Ini

Image title
Oleh Antara - Verda Nano Setiawan
15 Januari 2020, 06:20
elpiji 3 kg, subsidi, esdm
ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah
kementerian ESDM bakal menghentikan subsidi elpiji 3 kilogram mulai semester II 2020. Sebagai gantinya, pemerintah akan memulai program penyaluran subsidi tertutup kepada masyarakat tidak mampu.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal menghentikan subsidi pada harga elpiji 3 kilogram mulai semester II tahun ini. Sebagai gantinya, pemerintah akan memulai program penyaluran subsidi tertutup kepada masyarakat tidak mampu.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan ini adalah upaya pemerintah menyalurkan energi tepat sasaran. Masyarakat yang dianggap tidak berhak mendapat subsidi harus membeli pada harga pasar.

"Kami sedang lakukan persiapan bagaimana berikan subsidi langsung ke masyarakat, mudah-mudahan pertengahan tahun bisa diterapkan," ujar Djoko di Kantor Ditjen Migas, Selasa (14/1).

(Baca: Pertamina Dapat Kepastian Impor LPG Langsung dari Uni Emirat Arab)

Djoko mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan program tersebut agar dapat diimplementasikan dengan baik. Dia menjelaskan, salah satu skema penyaluran subsidi tertutup elpiji 3 kg yang dirancang lewat sistem biometrik dan atau QR Code.

Langkah ini menurut Djoko akan memudahkan pemeriksaan konsumsi elpiji masyarakat yang memerlukan. Dalam pelaksanaanya nantinya Pertamina akan menggandeng perbankan nasional. "Nanti bisa dicek kalau orang miskin rata-rata beli 3 tabung. Jadi bisa dilihat mana yang berhak dan tidak," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...