Salip Facebook, Aplikasi TikTok Paling Banyak Diunduh Kedua di Dunia

Penulis: Fahmi Ahmad Burhan

Editor: Desy Setyowati

16/1/2020, 15.55 WIB

Jumlah pengguna TikTok bahkan melebihi Instagram. Karena itu, Facebook menyiapkan fitur serupa supaya bisa bersaing.

Salip Facebook, Aplikasi TikTok posisi Kedua yang paling banyak Diunduh di Dunia
123RF.com/Alexey Malkin
Ilustrasi aplikasi video musik pendek TikTok

Aplikasi TikTok menempati posisi kedua yang paling banyak diunduh di dunia pada 2019. Perusahaan asal Tiongkok itu pun menyalip Facebook dan Messenger.

Di Negeri Tirai Bambu, TikTok dikenal dengan nama Douyin. Aplikasi yang dioperasikan oleh Bytedance itu diunduh 740 juta kali sepanjang tahun lalu.

Berdasarkan riset Sensor Tower, jumlah unduhan aplikasi TikTok di iOS dan Android mengungguli Facebook dan Messenger. Sedangkan WhatsApp menempati posisi pertama aplikasi yang paling banyak diunduh pada 2019.

Padahal, aplikasi milik grup Facebook menempati posisi pertama hingga keempat pada 2017. Namun, TikTok mulai menggeser posisi Instagram sejak 2018. Tahun lalu, aplikasi buatan Tiongkok menyalip Facebook dan Messenger.

(Baca: Melebihi Instagram, Pengguna TikTok Tembus 1,5 Miliar)

Namun, Analis Firma Riset Pasar Teknologi Forrester Meenakshi Tiwari mengatakan, platform lain mulai merambah layanan video pendek. "Video pendek dipopulerkan oleh TikTok, tetapi platform jejaring sosial yang lebih besar seperti Facebook dan Instagram menyadarinya dan tengah melakukan sesuatu hal terkait itu," katanya dikutip dari Tech In Asia, kemarin (15/1).

Salah satu pesaing TikTok yakni Likee bahkan sudah diunduh 330 juta kali pada tahun lalu. Begitu juga Bigo. Aplikasi besutan perusahaan asal Singapura itu masuk 10 besar, melebihi SHAREit dan YouTube. Instagram pun meluncurkan aplikasi serupa, yaitu Reels.

Bersaing dengan Instagram, TikTok merilis dua fitur untuk berbelanja di platform mereka. Salah satunya fitur tautan ke situs e-commerce di biografi profil. Layanan ini mirip Instagram pada bagian profil, di mana pengguna lainnya bisa membuka tautan itu dan langsung masuk ke situs terkait.

(Baca: Pendapatan Tiktok Capai Ratusan Juta Dolar pada 2019)

Selain itu, tersedia fitur yang memungkinkan pemilik akun mengarahkan pengguna atau pengikutnya ke situs e-commerce. Dengan begitu, calon pembelinya bisa langsung melihat toko online milik pengguna.

Dari data tahun lalu, pangsa pasar paling banyak TikTok yaitu di Tiongkok. Selain Tiongkok, India merupakan pasar utama TikTok. Di Negeri Bollywood, aplikasi media sosial itu diunduh 466,8 juta kali di App Store dan Google Play Store. Pangsa pasar terbesar ketiga TikTok yakni Amerika Serikat (AS) dengan jumlah unduhan 123,8 juta.

(Baca: Setelah Instagram, Giliran TikTok Luncurkan Fitur Belanja)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Anda Belum Menyetujui Syarat & Ketentuan
Email sudah ada dalam sistem kami, silakan coba dengan email yang lainnya.
Alamat email Anda telah terdaftar
Terimakasih Anda Telah Subscribe Newsletter KATADATA
Maaf Telah terjadi kesalahan pada sistem kami. Silahkan coba beberapa saat lagi
Silahkan mengisi alamat email
Silahkan mengisi alamat email dengan benar
Masukkan kode pengaman dengan benar
Silahkan mengisi captcha

Video Pilihan