Pemerintah Masih Identifikasi Daftar Penerima Subsidi LPG 3 Kg

Image title
17 Januari 2020, 15:33
LPG, gas, subsidi lpg, lpg 3 kg, subsidi lpg 3 kg dicabut
ANTARA FOTO/Feny Selly
Ilustrasi. Pemerintah menyebut penyaluran subsidi LPG 3 kg selama ini tak tepat sasaran.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral  Arifin Tasrif mengatakan pihaknya masih mengkaji dan mengidentifikasi daftar masyarakat yang berhak menerima subsidi Liquefied Petroleum Gas/LPG 3 kg. Mekanisme penyaluran subsidi gas tersebut akan diubah menjadi secara tertutup agar tak terjadi kebocoran atau bantuan yang tak tepat sasaran seperti  yang selama ini terjadi.

"Kami identifikasi dulu kira-kira yang memang berhak menerima tapi tidak dibatasi pada UMKM segala macam, yang berhak tetap akan menerima," ujar Arifin saat ditemui di Jakarta, Jumat (17/1).

Menurut Arifin, pendataan terkait daftar masyarakat tak mampu yang menerima subsidi akan dilakukan secara ketat. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan sejumlah kementerian/lembaga agar daftar penerima bantuan tersebut akurat.

Adapun saat ini, pemerintah masih mengkaji mekanisme yang tepat untuk menyalurkan bantuan tersebut. Salah satu yang dipertimbangkan adalah kompensasi dalam bentuk uang. Dengan demikian, harga LPG akan disesuaikan dengan harga pasar tetapi masyarakat tak mampu menerima kompensasi dalam bentuk uang tunai atas selisih kenaikan harga gas tersebut.

(Baca: Pemerintah Cabut Subsidi Elpiji 3 Kg Pertengahan Tahun Ini)

Namun, menurut Arifin, kemungkinan besar masyarakat yang masuk dalam daftar penerima subsidi tetap dapat membeli LPG 3 kg dengan harga saat ini. Sementara masyarakat yang tak terdaftar dapat membeli LPG 3 kg dengan harga pasar. 

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...