Kementerian ESDM Respons Dampak Konflik AS-Iran terhadap Harga BBM

Image title
8 Januari 2020, 20:50
Kementerian ESDM Tanggapi Dampak Konflik AS-Iran ke Harga BBM di Indonesia
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Ilustrasi, seorang petugas berada di depan mobil tangki yang melakukan pengisian BBM ke mobil tangki di area pengisian otomatis (New Gantry System) Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang, Senin (23/12/2019).

Harga minyak dunia terus meningkat di tengah konflik antara Amerika Serikat (AS) dan Iran. Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Djoko Siswanto tidak berkomentar perihal dampak konflik tersebut terhadap harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Indonesia.

Ia hanya menjelaskan bahwa pemerintah telah menetapkan subsidi solar tahun ini tetap Rp 1.000 per liter. “Mau harga minyak ‘selangit’, subsidinya tetap Rp 1.000,” kata Djoko di kantornya, Jakarta, hari ini (8/1).

Berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020, subsidi BBM sebesar Rp 19,9 triliun. Angka itu turun dibanding proyeksi tahun lalu Rp 32,3 triliun. Besaran subsidi itu dengan asumsi harga minyak US$ 63 per barel dan nilai tukar rupiah Rp 14.400 per dolar AS.

(Baca: Konflik AS-Iran, Ekonom Lihat Potensi Harga Minyak Capai US$ 100/Barel)

Sedangkan data Bloomberg pada pukul 15.39 WIB hari ini (8/1), harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak Februari 2020 naik 0,88% menjadi US$ 63,25 per barel. Harga minyak jenis Brent untuk kontrak Maret naik 1,19% menjadi US$ 69,08 per barel.

Harga minyak WTI bahkan sempat menyentuh level tertinggi sejak April tahun lalu, yakni US$ 65,85. Harga Brent juga sempat meroket hingga US$ 70,10 per barel, tertinggi sejak pertengahan September 2019.

Hanya, Djoko tidak berkomentar perihal kemungkinan perubahan subsidi BBM. Dia juga enggan menjelaskan ada tidaknya pembahasan mengenai kenaikan harga minyak dunia dan dampaknya terhadap BBM di Tanah Air.

(Baca: BPH Migas Proyeksi Solar Subsidi Kelebihan Kuota 700 Ribu KL pada 2020)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...