Anggaran Kemenhan Terbesar, Jokowi Minta Prabowo Efisien dan Bersih

Dimas Jarot Bayu
23 Januari 2020, 13:22
anggaran pertahanan, kementerian pertahanan, kemenhan, prabowo subianto, jokowi, apbn
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Pameran Alutsista di Kementerian Pertahanan (Kemenhan), Jakarta, Rabu (22/1/2020). Presiden Jokowi meminta Menhan Prabowo gunakan anggaran secara efisien dan bersih.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bahwa Kementerian Pertahanan (Kemenhan) telah diberikan anggaran terbesar dibandingkan kementerian lainnya.

Oleh karena itu, Jokowi minta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto agar berhati-hati menggunakan anggaran tersebut. "Harus efisien, bersih, tak boleh ada mark up-mark up lagi," tegasnya di Gedung Kemenhan, Jakarta, Kamis (23/1).

Advertisement

Berdasarkan data APBN 2020, anggaran untuk Kemenhan mencapai Rp 131,2 triliun. Jumlah tersebut naik Rp 21,6 triliun dibanding anggaran tahun lalu. 

Anggaran pertahanan tahun ini pun lebih tinggi dari anggaran infrastruktur untuk Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang hanya Rp 120,2 triliun. Adapun pada 2019 PUPR menjadi kementerian yang mendapatkan anggaran terbesar.

(Baca: Jokowi Bela Prabowo yang Kerap Pergi ke Luar Negeri)

Selain itu, Presiden meminta agar anggaran tersebut bisa dimanfaatkan untuk mendorong industri strategis di bidang pertahanan dalam negeri. Dengan demikian, industri tersebut bisa semakin mandiri ke depannya. “Yang paling penting mendukung industri dalam negeri kita,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement