Bea Cukai Belum Berencana Sortir Impor Barang dari Tiongkok

Agatha Olivia Victoria
28 Januari 2020, 21:14
tiongkok, virus corona, bea cukai, barang impor tiongkok, barang impor china
Ilustrasi. Penyebaran virus corona saat ini sudah mulai berdampak ke perekonomian.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai belum berencana menyortir barang kiriman dari Tiongkok terkait penyebaran virus corona. Hal ini lantaran virus corona dipastikan tak dapat menyebar melalui barang atau benda mati. 

"Virus corona ini sementara sudah disebutkan menyebar melalui orang, sehingga kami fokus kepada mewaspadai pergerakan orang dahulu. Tetapi kalau nanti ada perkembangan baru, tentunya kami akan antisipasi," kata Heru saat ditemui di Gedung Dewan Perwakilan, Jakarta, Selasa (28/1).

Kementerian Kesehatan sebelumnya memastikan virus corona tak akan menyebar melalui barang. Hal ini lantaran virus tersebut tak dapat hidup saat menempel di barang mati. 

Sementara itu, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menjelaskan penyebaran virus corona saat ini  sudah mulai berdampak ke perekonomian. Hal ini terutama berpengaruh pada pasar keuangan lantaran ekspektasi investor yang turun terhadap kondisi perekonomian global. 

"Stock market kemarin itu lebih karena masalah kekhawatiran, confidence, psikologis pasar ya," jelas dia. 

(Baca: Sri Mulyani Sebut Virus Corona Berpotensi Ganggu Perekonomian Global)

Penyebaran virus corona dikhawatirkan berdampak pada perekonomian Tiongkok. Adapun saat ini, Tiongkok merupakan negara dengan ekonomi terbesar kedua setelah AS dan memiliki dampak besar pada perekonomian global. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...