Meluncur Bulan ini, Anak Usaha BUMN Bidang Asuransi Akan Masuk Holding

Image title
5 Februari 2020, 15:33
holding bumn asuransi, kementerian bumn, anak usaha BUMN, kartika wirjoatmodjo,
Arief Kamaludin|KATADATA
Gedung Kementerian BUMN. Holding asuransi akan segera meluncur bulan ini. Seluruh perusahaan asuransi pelat merah dan anak-anak usaha BUMN di sektor ini akan masuk ke dalam holding.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana untuk memasukkan anak-anak usaha perusahaan pelat merah yang bergerak di bidang asuransi ke dalam induk usaha atau holding BUMN asuransi.

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa pihaknya menargetkan pembentukan holding bisa rampung bulan ini. "Kami punya (perusahaan) asuransi banyak," kata Kartika ketika ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (5/2).

Nantinya, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero) akan bertindak sebagai induk dari holding yang akan membawahi Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo), dan Jasa Raharja.

Sedangkan perusahaan asuransi anak usaha BUMN yang akan masuk ke dalam holding di antaranya Taspen Life, AXA-Mandiri Financial Service, BNI Life, BRI Life, dan lainnya.

(Baca: Holding Asuransi Tanpa Jiwasraya, Bahana Dipilih Jadi Induk)

Tiko, sapaan akrab Kartika, optimistis masuknya anak-anak usaha BUMN tersebut ke dalam holding akan memperkuat transformasi dari sisi keuangan, manajemen risiko, pengelolaan investasi, dan pengelolaan produk-produk asuransi.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...