Konsumsi & Tabungan Turun, Masyarakat RI Ramai Bayar Utang Bulan Lalu

Agatha Olivia Victoria
6 Februari 2020, 13:14
Konsumsi dan Tabungan Turun, Masyarakat RI Ramai Bayar Utang pada januari 2020
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Ilustrasi, calon pembeli berebut masuk ke dalam salah satu tempat perbelanjaan yang menawarkan diskon akhir tahun di Desa Singkil, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Kamis (19/12/2019).

Pada awal tahun ini, porsi konsumsi dan tabungan menurun dibanding akhir 2019. Bank Indonesia (BI) mencatat, pembayaran utang justru meningkat pada Januari lalu.

Berdasarkan survei konsumen BI yang dirilis hari ini (6/2), rata-rata proporsi pendapatan masyarakat yang digunakan untuk konsumsi pada Januari sebesar 68,1%. Besaran tersebut turun dibanding Desember 2019 yang mencapai 69,2%.

Menurunnya porsi konsumsi terhadap pendapatan terjadi pada seluruh tingkat pengeluaran. Terutama pada responden yangn pengeluarannya Rp 1-2 juta per bulan.

(Baca: Ekonomi RI Tahun Lalu Tumbuh Terendah Sejak 2015, Berikut Faktornya)

Indeks Keyakinan Konsumen pun turun dari 126,4 menjadi 121,7 pada bulan lalu. “Melemahnya optimisme konsumen karena Indeks Ekonomi Saat Ini dan Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi menurun,” demikian dikutip dari survei BI, hari ini (6/2).

Pada awal tahun ini, keyakinan konsumen untuk membeli barang tahan lama dan ketersediaan lapangan kerja pun menurun. Konsumen memperkirakan, kenaikan penghasilan selama enam bulan ke depan akan terbatas,” katanya.

Rerata proporsi pendapatan konsumen yang ditabung juga menurun tipis dari 19,5% menjadi 19,4% pada Januari 2020. (Baca: Konsumsi Pakaian Melambat, BPS: Anak Sekarang Lebih Suka 'Nongkrong')

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...