Lampaui YouTube, Pendapatan Iklan Instagram Tembus Rp 273 Triliun

Cindy Mutia Annur
6 Februari 2020, 11:24
Lampaui YouTube, Pendapatan Iklan Instagram Tembus Rp 273 Triliun
alexey malkin|123RF.com
Ilustrasi, ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple.

Anak usaha Facebook, Instagram membukukan pendapatan iklan US$ 20 miliar atau sekitar Rp 273 triliun sepanjang 2019. Nilai tersebut melebihi pencapaian YouTube yang sebesar US$ 15,15 miliar atau Rp 207,5 triliun.

Dikutip dari Business Today, perolehan Instagram itu menyumbang lebih dari seperempat pendapatan iklan Facebook yang mencapai US$ 70,7 miliar atau sekitar Rp 966 triliun. Padahal, Instagram belum memiliki skema monetisasi ketika diakuisisi Facebook.

Hanya, perusahaan tidak memerinci perbandingan pendapatan iklan dari Instagram terhadap pencapaian tahun lalu. Dikutip dari The Motley Fool, pendapatan iklan Instagram pada 2018 diperkirakan US$ 8 miliar hingga US$ 9 miliar.

Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu mengakuisisi Instagram pada 2012, senilai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,6 triliun. Valuasi Instagram digadang-gadang mencapai US$ 100 miliar atau Rp 1.371 triliun pada 2018.

(Baca: Pendapatan Iklan YouTube Capai Rp 207,5 Triliun Tahun Lalu)

Dibanding YouTube, biaya untuk mengakses konten Instagram relative lebih murah. Sebab, besaran kuota yang harus dikeluarkan pengguna saat menonton video di YouTube lebih besar ketimbang Instagram yang konten-kontennya berupa foto dan video.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...