WHO Siapkan Respons Penanganan Virus Corona Senilai Rp 9,22 Triliun

Hari Widowati
6 Februari 2020, 15:06
WHO, respons global, penanganan virus corona, sumbangan dana untuk menangani virus corona, Bill & Melinda Gates Foundation, dana penanganan virus corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Petugas kesehatan DKI Jakarta melakukan sosialisasi tentang virus corona serta memeriksa suhu badan menggunakan infrared thermometer di Apartemen Mediterania Garden Residences, Jakarta Barat, Kamis (6/2/2020).

Badan Kesehatan Internasional (WHO) dan komunitas internasional meluncurkan rencana penanganan virus corona secara global senilai US$ 675 juta atau setara Rp 9,22 triliun (kurs Rp 13.655 per dolar AS). Respons ini diharapkan dapat menghambat penyebaran virus corona di Tiongkok maupun dunia dan melindungi negara-negara yang memiliki sistem kesehatan lebih lemah.

"Kekhawatiran terbesar saya adalah pada negara-negara yang tidak memiliki sistem yang mampu mendeteksi orang-orang yang telah terinfeksi virus corona," ujar Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, seperti dikutip dari siaran pers di laman WHO, Kamis (6/2).

Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan bagi negara-negara tersebut untuk mendeteksi, mendiagnosis, dan merawat pasien yang terinfeksi virus corona untuk menghindari penularan dari manusia ke manusia dan melindungi para pekerja medis.

Dana ini akan digunakan untuk penanganan virus corona pada periode Februari hingga April 2020. Rancangan yang disebut sebagai Strategic Preparedness and Response Plan (SPRP) tersebut menjadi panduan segala aktivitas dan sumber daya yang dibutuhkan oleh organisasi kesehatan global untuk menerapkan langkah-langkah prioritas dalam penanganan virus corona di seluruh dunia.

(Baca: Sebanyak 64 Rumah Sakit BUMN Siaga Penyebaran Virus Corona)

Selain untuk membatasi penularan virus corona dari manusia ke manusia, SPRP membantu mengidentifikasi, mengisolasi, dan merawat pasien di negara-negara yang paling rentan. SPRP juga mengkomunikasikan risiko kritis, meminimalisasi dampak sosial dan ekonomi dari wabah virus corona, hingga mengurangi penyebaran virus dari binatang, dan hal-hal lain yang belum diketahui.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...