Demi Lifting Minyak, SKK Migas Harap AMDAL Blok Cepu Segera Terbit

Image title
7 Februari 2020, 18:59
lifting, skk migas, blok cepu
Katadata
Ilustrasi, Blok Cepu. Satuan Kerja khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak (SKK Migas) berharap revisi Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) BloK Cepu bisa segera terbit demi mencapai targer lifting migas tahun ini.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas berharap revisi Analis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) Blok Cepu segera terbit. Dengan begitu, ExxonMobil selaku operator blok tersebut bisa segera memacu produksi minyak untuk mencapai lifting migas tahun ini.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno menjelaskan mekanisme revisi AMDAL sebenarnya sudah dijalankan oleh ExxonMobil yang disaksikan oleh Direktur Jenderal (Ditjen) Migas. Namun, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro belum juga memberikan lampu hijau untuk peningkatan produksi dari blok tersebut. 

"Mekanisme uji teknis High Rate Test (HRT) sudah dan disaksikan oleh Ditjen Migas. Rapat Teknis juga sudah selesai, tetapi masih kurang sedikit terkait rapat dan dampak sosial yang harus didukung penuh oleh Pemkab Bojonegoro, masih diusahakan oleh KLHK," kata Julius kepada Katadata.co.id, Jumat (7/2).

Jika revisi AMDAL terbit, maka kapasitas produksi Blok Cepu bisa mencapai 235 ribu barel minyak per hari (BOPD). Angka tersebut naik dari kapasitas produksi saat ini sebesar 220 ribu bopd.

(Baca: Produksi Blok Cepu dalam 14 Tahun Setara POD, Jumlahnya 357 Juta Barel)

"Semakin cepat semakin bagus, tetapi tetap harus koordinasi dengan Pemkab Bojonegoro," ujar Julius.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif meminta Pemda Bojonegoro dapat segera mengeluarkan rekomendasi AMDAL terkait peningkatan kapasitas produksi di Blok Cepu.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...