Fitur-fitur Gojek dan Grab untuk Hindari Perampokan hingga Penculikan

Desy Setyowati
10 Februari 2020, 18:03
Fitur-fitur Gojek dan Grab untuk Hindari Perampokan hingga Penculikan
Katadata/Pingit Aria
Ilustrasi aplikasi Grab

Baru-baru ini, cerita penumpang perempuan berinisial T yang nyaris diculik pengemudi GrabCar viral di media sosial. Perusahaan penyedia layanan on-demand Gojek dan Grab menyediakan beberapa fitur untuk menghindari tindak kejahatan.

Deputy Director of Public Affairs Grab Indonesia Tirza Reinata Munusamy mengatakan, perusahaan menindak tegas mitra pengemudi yang berusaha membawa kabur penumpang tersebut. “Kami menonaktifkan akun mitra,” kata dia kepada Katadata.co.id, Senin (10/2).

Advertisement

Tirza menyampaikan, perusahaan sudah menyiapkan beberapa fitur terkait keamanan pengguna. Hal itu tertuang dalam peta jalan (roadmap) Teknologi Keselamatan yang diluncurkan pada Oktober 2018.

Program itu memuat beberapa inisiatif serta fitur keselamatan dan keamanan. Pertama, tombol darurat (emergency button). Kedua, bagikan informasi perjalanan yang memungkinkan orang terdekat atau keluarga mengetahui lokasi pengguna.

Ketiga, laporkan masalah keselamatan, sehingga Grab dapat mengambil tindakan cepat terhadap potensi insiden. (Baca: Grab Nonaktifkan Akun Mitra yang Nyaris Culik Penumpang Perempuan)

Keempat, dapatkan pertolongan darurat. Fitur ini memungkinkan Grab mengirimkan peringatan secara otomatis dalam bentuk SMS berisi detail perjalanan dan lokasi terkini kepada kontak darurat yang didaftarkan pengguna di aplikasi.

Kelima, fitur Free Call (VoIP) yang memungkinkan penumpang dan pengemudi memilih kontak untuk panggilan gratis melalui aplikasi Grab. Keenam, verifikasi wajah pelanggan dan pengemudi melalui swafoto. Hal ini untuk memastikan identitas pengguna.

“Kami memiliki tim yang difokuskan untuk dapat menangani kebutuhan-kebutuhan terkait hal ini (keamanan dan keselamatan pengguna),” kata Tirza.

Ketujuh, menyamarkan nomor telepon pengguna. Terakhir, Grab sempat memasang kamera closed circuit television (CCTV) di beberapa mobil mitra pengemudi GrabCar. “Kamera Grab Siaga akan merekam sisi dalam dan belakang mobil untuk memastikan keamanan perjalanan,” demikian dikutip dalam siaran resmi Grab, Juni 2019.

(Baca: CCTV hingga Tombol Darurat, Cara Grab dan Gojek Jaga Keamanan Konsumen)

Grab menyampaikan, layanan keamanan ini bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang mungkin dialami konsumennya. Setiap kamera yang terpasang dilengkapi tombol rahasia yang dapat ditekan mitra, ketika dalam kondisi bahaya. Tombol ini terhubung dengan Satgas Keamanan Grab.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement