CCTV hingga Tombol Darurat, Cara Grab dan Gojek Jaga Keamanan Konsumen

Cindy Mutia Annur
25 Juni 2019, 19:45
Keamanan konsumen Gojek dan Grab
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Ilustrasi, warga menggunakan aplikasi taksi online. Grab dan Gojek menerapkan langkah yang berbeda untuk meningkatkan keamanan konsumen, baik mitra pengemudi maupun penumpang.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menetapkan standar yang harus dipenuhi perusahaan penyedia layanan berbagi tumpangan (ride-hailing) untuk menjaga keamanan konsumen, baik pengemudi maupun penumpang. Gojek dan Grab pun menerapkan langkah tambahan untuk meningkatkan keamanan konsumen

Grab misalnya, memasang kamera closed circuit television (CCTV) di mobil mitra pengemudi GrabCar. “Kamera Grab Siaga akan merekam sisi dalam dan belakang mobil untuk memastikan keamanan perjalanana,” demikian dikutip dalam siaran resmi Grab, Senin (24/6).

Grab menyampaikan, layanan keamanan ini bertujuan untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang mungkin dialami konsumennya. Setiap kamera yang terpasang dilengkapi tombol rahasia yang dapat ditekan mitra, ketika dalam kondisi bahaya. Tombol ini terhubung dengan Satgas Keamanan Grab.

(Baca: Begini Strategi Grab dan Go-Jek Tingkatkan Keselamatan Berkendara)

Setelah tombol ditekan, kamera akan menyala dan operator bisa memantau dan memastikan kondisi darurat yang dilaporkan adalah benar. Apabila terpantau terjadi hal yang mencurigakan atau membahayakan, operator akan langsung mengirimkan petugas keamanan ke lokasi.

Jika berdasarkan pantauan tidak ada hal yang membahayakan, maka operator akan menghubungi mitra pengemudi guna memastikan keamanan konsumen. Aktivitas yang terekam oleh CCTV itu meliputi audio dan gambar.

Untuk berlangganan layanan Grab Siaga ini, mitra pengemudi GrabCar harus membayar Rp 7 ribu per hari. Biaya ini sudah termasuk produk, pemasangan kamera dan tombol darurat. Operator akan langsung memungut biaya berlangganan dari dompet kredit mitra.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...