Pengguna Indosat Bisa Akses Google Assistant via Telepon Bebas Pulsa

Cindy Mutia Annur
10 Februari 2020, 16:11
indosat, google, google asisstant, ponsel lawas
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Ilustrasi. Pelanggan indosat kini dapat mengakses layanan Google Assistant melalui telepon bebas pulsa.

Indosat Ooredoo mencatat sebanyak 20% dari total 60 juta pelanggannya di seluruh Indonesia pada 2019 masih menggunakan ponsel lawas yang  memiliki keterbatasan akses internet. Perusahaan pun menggandeng Google untuk meluncurkan fitur asisten yang dapat diakses melalui telepon bebas pulsa. 

Vice President Head of Mobile Financial Services Indosat Ooredoo Hendry Saputra mengatakan, pihaknya bersama google telah melakukan pilot project sejak Juli hingga Desember tahun lalu di lima kota, yakni Medan, Kediri, Karawang, Sukabumi, dan Jombang.  Adapun mulai hari ini, layanan asisten tersebut bisa digunakan oleh seluruh pelanggan Indosat Ooredoo secara nasional.

Pengguna bisa mengakses fitur ini dengan menelepon nomor 696. Melalui telepon bebas pulsa tersebut, pengguna bisa mendapatkan pengalaman yang sama ketika mengakses fitur Google Asistant.

Informasi apapun mulai dari mencari lokasi suatu tempat, melihat jadwal beribadah, hingga membantu anak-anak sekolah di pedesaan dalam mengerjakan PR dapat diperoleh melalui teknologi kecerdasan buatan (Artificial Inteligence/AI) dari Google tersebut.

(Baca: Google Asisstant Makin Canggih, Punya Enam Fitur Baru)

Selama pilot project, perusahaan mencatat ada sekitar 1 juta menit panggilan interaksi yang terjadi melalui fitur asisten . Ada sekitar 300 ribu panggilan yang dilakukan oleh 150 ribu pelanggan. Dengan demikian, rata-rata satu pelanggan melakukan dua kali panggilan dengan rata-rata waktu telepon selama 3 menit.

"Tapi ada juga yang melakukan panggilan hingga 50 kali," ujar Hendry.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...