Wabah Corona, Kemenhub Incar Pasar Turis Asing yang Akan ke Tiongkok

Rizky Alika
12 Februari 2020, 19:52
Kemenhub Dorong Maskapai Ambil Alih Pasar Turis Asing Rute Tiongkok.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Maskapai Garuda Indonesia bersiap mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (23/1/2020). Kemenhub mendorong maskapai buka rute baru di luar Tiongkok.

Pemerintah membidik pangsa turis asing yang biasanya memilih destinasi wisata Tiongkok, untuk beralih ke Indonesia. Hal ini seiring dengan merebaknya virus corona di Negeri Panda yang menjangkit negara tersebut selama  sebulan terakhir. 

Staf Khusus Menteri Perhubungan, Adita Irawati mengatakan, pihaknya mendorong maskapai internasional untuk mengalihkan penumpang internasional menuju Indonesia. "Penumpang internasional yang biasanya terserap ke Tiongkok, bisa dialihkan ke Indonesia," kata dia di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Rabu (12/2).

Namun, upaya tersebut menurutnya memerlukan kerja sama secara intensif  antara kementerian, dalam hal ini khususnyaa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

(Baca: Tiongkok Ditutup, Slot Penerbangan Ditambah dari Timur Tengah ke Bali)

Sebagaimana diketahui, wabah virus corona turut memukul sektor pariwisata nasional. Hal ini sejalan kebijakan pemerintah menutup sementara penerbangan dari dan ke seluruh destinasi di daratan Tiongkok guna mencegah menyebaran virus corona. 

Karenanya selain menangkap pasar turis, Kemenhub juga mendorong maskapai nasional untuk membuka rute penerbangan ke destinasi wisata baru selain Tiongkok. Beberapa rute yang bisa menjadi alternatif, seperti kawasan negara Asia Barat, seperti India, Pakistan, Maladewa, Srilanka, dan Nepal.

Rute ini dinilai potensial, sebab negara tersebut belum memiliki lalu lintas penerbangan yang tinggi. Kemudian, ia juga mendorong destinasi alternatif ke Turki dan Australia.

Strategi tersakhir, Kemenhub juga mendorong maskapai nasional untuk memberikan insentif berupa diskon penerbangan rute domestik guna mengompensasi penurunan penumpang selama masa penutupan sementara rute penerbangan ke Tiongkok.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...