Investor Tahan Transaksi Karena Sentimen Virus Corona, IHSG turun 0,7%

Image title
13 Februari 2020, 18:20
ihsg hari ini, ihsg turun, virus corona,
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
IHSG Kamis (13/2) turun 0,7% lantaran investor menahan transaksi aset berisiko dipengaruhi oleh sentimen virus corona.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis (13/2) turun 41,13 poin atau 0,7% ke level 5.871,95. Turunnya IHSG lantaran investor cenderung menahan transaksinya pada aset-aset berisiko di pasar modal, seperti saham.

Analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji Gusta Utama mengatakan perilaku investor tersebut dipengaruhi oleh sentimen penyebaran virus corona alias COVID-19.

"Sehingga mereka cenderung menahan diri dalam berinvestasi pada aset-aset yang berisiko seperti di pasar modal sehingga menyebabkan terjadinya pelemahan IHSG," kata Nafan kepada Katadata.co.id sore ini.

Bahkan penyebaran COVID-19 juga telah disinggung oleh Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed), Jerome Powell, karena telah menjadi ancaman besar yang berpotensi menghambat kinerja pertumbuhan ekonomi global.

(Baca: IHSG Terpuruk 0,67% pada Sesi I Terseret Bursa Saham Asia yang Memerah)

Adapun sektor saham yang menjadi penyebab terkoreksinya IHSG hari ini yaitu sektor agri yang turun 2,73% industri dasar turun 1,96%, infrastruktur turun 1,71%, konsumer turun 0,97%, properti turun 0,89%, tambang turun 0,63%, aneka industri turun 0,53%, serta perdagangan turun 0,4%.

Di sektor agri, koreksi dipimpin oleh saham Astra Agro Lestari Tbk (AALI) yang turun 4,75%, PP London Sumatra Indonesia Tbk (LSIP) turun 4,53%, serta Salim Ivomas Pratama Tbk (SIMP) turun 3,33%.

Halaman:
Reporter: Ihya Ulum Aldin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...