Jokowi Minta APBD dan Dana Otsus Aceh untuk Pengentasan Kemiskinan

Dimas Jarot Bayu
22 Februari 2020, 18:30
Jokowi Minta APBD dan Dana Otsus Aceh untuk Pengentasan Kemiskinan.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Presiden Joko Widodo berbincang dengan nelayan. Jokowi meminta penggunaan APBD dan otsus dialakukan efektif dna tepat sasaran.

Presiden Joko Widodo meminta Pemerintah Provinsi Aceh mengefektifkan penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan dana otonomi khusus (Otsus). Anggaran tersebut diharapkan digunakan secara tepat sasaran.

Pasalnya, anggaran yang diberikan untuk Aceh melalui APBD dan Otsus cukup besar. APBD Aceh pada 2020 mencapai Rp 9 triliun. Sedangkan, dana Otsus yang diberikan untuk Aceh sebesar Rp 8 triliun. Jumlah tersebut belum termasuk APBD di kabupaten dan kota di Aceh.

Advertisement

“Saya hanya ingin mengatakan bahwa apapun yang namanya pengelolaan anggaran itu sangat penting. Bagaimana tata kelolanya, apakah APBD itu tepat sasaran, bermanfaat untuk rakyat, dan dirasakan oleh rakyat," ujar Jokowi dalam acara Kenduri Kebangsaan di Bireuen, seperti dikutip dari laman Sekretariat Presiden Sabtu (22/2).

(Baca: Wali Kota Risma: APBD Surabaya di Bawah Jakarta dan Masih Hemat 29%)

Mantan Walikota Solo ini mengatakan, anggaran Pemerintah Provinsi Aceh harus diprioritaskan untuk berbagai program pengentasan kemiskinan. Alasannya, tingkat kemiskinan di Aceh masih cukup besar.

Badan Pusat Statistik (BPS) Aceh mencatat, tingkat kemiskinan di Aceh mencapai 15,01% per September 2019. Artinya, masih ada 810 ribu orang miskin di Aceh.

Tingkat kemiskinan tersebut turun 0,31% dibandingkan Maret 2019. BPS Aceh mencatat tingkat kemiskinan di daerah tersebut pada kuartal pertama 2019 mencapai 15,32% atau sebesar 819 ribu orang.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement