Kerugian Pariwisata Indonesia Akibat Corona Rp 7 Triliun per Bulan

Image title
25 Februari 2020, 13:30
Pariwisata, Kerugian Pariwisata, Virus Corona
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Sejumlah wisatawan membawa barang bawaan setibanya di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Rabu (22/1/2020).

Pariwisata di Indonesia tengah menghadapi tekanan seiring wabah virus corona. Pemerintah memperkirakan potensi devisa dari sektor pariwisata yang hilang imbas masalah wabah ini mencapai ratusan juta dolar tiap bulan.

"Dampak virus corona, pariwisata ada kerugian kira-kira US$ 500 juta per bulan (Rp 7 triliun)," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Selasa (25/2).

Advertisement

(Baca: Isolasi Tiongkok & Risiko Kehilangan Pembelanja Terbesar Wisata Dunia)

Wabah virus corona membuat pariwisata internasional terganggu. Ini seiring pembatasan dan larangan penerbangan untuk meredam penyebaran virus tersebut.

Pemerintah Indonesia sendiri memutuskan untuk menunda penerbangan dari dan menuju Tiongkok sejak awal Februari lalu. Meskipun, selama ini, pariwisata Indonesia banyak mendapat sokongan dari turis Tiongkok.

Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio menjelaskan turis asal Tiongkok melakukan 2,07 juta kunjungan ke Indonesia pada tahun lalu. Sedangkan total biaya yang dihabiskan mencapai US$ 1.400 untuk setiap kunjungan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement