Sandiaga Uno Sebut Banjir Jakarta Berimbas Terhadap 90% UMKM

Image title
25 Februari 2020, 18:19
Sandiaga Uno Sebut Banjir Ibu Kota Berimbas Terhadap 90% UMKM.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Sejumlah kendaraan memaksakan melintasi ruas tol Jatibening yang terendam banjir di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/2/2020). Sandiaga Uno menyatakan, banjir ikut menyebabkan 90% Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terdampak.

Banjir kembali melanda Ibu Kota, Selasa (25/2). Mantan Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menyatakan, banjir ikut menyebabkan 90% Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) terdampak.

"Sekitar 90% lebih dunia usaha UMKM pasti terdampak. Tapi dampak ini akan tergantung dari berapa lama cuaca ekstrem ini berlangsung," kata Sandiaga di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Jakarta, Selasa (25/2).

Advertisement

Mengutip akun Twitter TMCPoldaMetro, beberapa titik di Jakarta seperti Bendungan Hilir, Jl. Letjen Suprapto, Jl. S. Parman depan Mall Ciputra, hingga Underpass Senen masih terendam air. Begitu pula kawasan Pondok Jaya, Mampang Prapatan yang masih tergenang banjir 60 sentimeter.

(Baca: Pangkas Hambatan Usaha UMKM, Jokowi: Tak Usah Izin, Cukup Registrasi)

Banjir juga membuat sejumlah ruas jalan dan tol di kawasan Jabodetabek tergenang baik dalam skala rendah hingga sedang. 

Untuk menangani dampak banjir,  sejumlah posko bantuan untuk.menyalurkan bantuan bagi para korban telah didirikan, salah satunya di Kemayoran, Jakarta Pusat. "Saya sendiri sudah buka beberapa posko relawan untuk menyalurkan bantuan. Di Kemayoran bertahun-tahun tidak banjir," kata dia.

Sandi mengimbau kepada masyarakat tidak saling menyalahkan, sebab banjir dipengaruhi oleh faktor curah hujan tinggi. Oleh sebab itu, banjir harus segera ditangani dengan baik tanpa menyudutkan salah satu pihak.

Dia juga menilai mantan pasangannya dalam Pilkada DKI Jakarta, Anies Baswedan telah memilili solusi penanganan masalah yang setiap tahun ini selalu terjadi. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement