Jokowi Serahkan RUU Ibu Kota Baru ke DPR Akhir Maret

Rizky Alika
26 Februari 2020, 15:19
Jokowi Serahkan RUU Ibu Kota Baru ke DPR Akhir Maret
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Ilustrasi, Presiden Joko Widodo berpidato usai dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

Perumusan Rancangan Undang-undang (RUU) ibu kota baru negara telah selesai. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal menyerahkan regulasi itu ke DPR setelah reses atau pada akhir Maret.

Sebab, reses berlangsung sejak 27 Februari hingga 22 Maret 2020. “Ini persiapan yang penting agar payung hukum sudah siap," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang Lanjutan Pembahasan Perpindahan Ibu Kota Negara di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2).

Advertisement

Jokowi juga menyampaikan, sejumlah negara berminat untuk bekerja sama pembangunan ibu kota baru. Ia telah bertemu dengan perwakilan Korea Selatan yang berpengalaman membangun ibu kota dengan konsep smart and green.

Kini, pemerintah berfokus membahas detail kerja sama antara Indonesia dengan sejumlah negara yang tertarik membangun ibu kota baru. (Baca: Luhut Sebut 30 Investor Berminat Garap Ibu Kota Baru)

Ia ingin para menteri dapat memaparkan hasil pra-master plan, hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan penentuan kawasan inti pemerintahan. Selain itu, pembiayaannya diharapkan selesai sesegera mungkin, seiring akan dimulainya pembangunan infrastruktur dasar.

Dalam rapat tersebut, ia meminta para menteri untuk memetakan proyek yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU), swasta, dan investasi langsung. “Maka, swasta dari nasional dan internasional yang ingin bekerja sama mendapat penjelasan jelas," ujar dia. 

Rapat itu dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny Plate, dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir ikut hadir.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement