Amazon Cekal 1 Juta Lebih Produk Palsu Antivirus Corona & Sangat Mahal

Cindy Mutia Annur
2 Maret 2020, 09:35
Amazon Cekal 1 Juta Lebih Produk Palsu Antivirus Corona dan Sangat Mahal
Gilc|123RF.com
Ilustrasi, foto beranda Amazon pada layar monitor melalui kaca pembesar.

Raksasa e-commerce Amazon mencekal lebih dari 1 juta produk obat antivirus corona plasu dan yang terlalu mahal di platform-nya selama beberapa pekan terakhir. Hal ini bertujuan supaya tidak ada penjual yang mengambil keuntungan dari ketakutan masyarakat terhadap wabah.

Perusahaan asal Amerika Serikat (AS) itu mencatat, beberapa pedagang menjual masker kesehatan dan produk yang diberi nama obat antivirus corona dengan harga fantastis. Amazon lantas menghapus puluhan ribu daftar produk tersebut dari platform-nya.

Pada awal bulan lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga sudah mengeluarkan peringatan terkait kebohongan informasi seputar virus corona. Bahkan, WHO menyebut penyebaran hoaks tersebut lebih cepat dibanding covid-19 itu sendiri.

Pemerintah Italia juga menyelidiki tingginya harga pembersih tangan dan masker bedah. (Baca: Tokopedia dan Bukalapak Respons Maraknya Penjual Obat Antivirus Corona)

"Tidak ada tempat untuk mengeksploitasi harga produk di Amazon," ujar Juru Bicara Amazon dikutip dari New York Post, Sabtu (29/2). Perusahaan juga mengumumkan penghapusan produk yang harga yang jauh lebih tinggi dibanding pasaran.

Dikutip dari The Verge, 10 bungkus masker bedah yang biasanya seharga US$ 41,24 (Rp 593,6 ribu), kini dibanderol US$ 128 (Rp 1,84 juta) di Amazon pada awal bulan lalu. Dua pak respirator seperti N95 juga dijual US$ 24,99 (Rp 359,7 ribu), dari normalnya US$ 6,65 (95,7 ribu).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...