Wabah Corona Menjangkit ke RI, Anies Baswedan Bentuk Tim Cepat Tanggap

Image title
2 Maret 2020, 17:03
Wabah Corona Menjangkit ke RI, Anies Baswedan Bentuk Tim Cepat Tanggap.
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies menyatakan bakal membentuk Tim Tanggap Covid-19 untuk membantu mengatasi penyebaran virus corona.

Pemerintah mengumumkan dua warga negara Indonesia (WNI) positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Depok, Jawa Barat. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan bakal membentuk Tim Tanggap Covid-19 untuk membantu mengatasi penyebaran virus. 

Menurut Anies, Tim Tanggap bakal memonitor semua potensi penularan penyakit yang terkait dengan virus corona. Pihaknya mencatat hingga siang ini, dari 136 orang yang dalam (status) pemantauan,  115 dinyatakan sehat, 21 orang masih dipantau. Adapun pasien dalam (status) pengawasan, ada jumlahnya 39 orang.

Adapun tim tanggap Covid-19 yang dipimpin oleh Asisten Kesra yang beranggotakan Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Kominfotik, Kepala BPBD, Kepala Kesbangpol, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Biro Perekonomian.

"Tim ini akan bekerja full dan memiliki base di kantor Dinas Kesehatan " kata Anies saat menggelar konferensi pers di Balaikota, Jakarta, Senin (2/3).

(Baca: Dua WNI Positif Corona, Kemenhub Belum akan Batasi Transportasi Umum)

Dia menyatakan, bagi masyarakat yang merasakan gejala atau menyaksikan ada orang yang menunjukkan gejala virus tersebut dapat mendatangi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) terdekat. Selain itu, masyarakat dapat menghungi layanan panggilan selama 24 jam di nomor 112 atau 119.

"Semua fasilitas ditambah untuk bisa merespons ini, termasuk jumlah ambulans itu sudah disiapkan tambahan untuk merespons cepat bila ditemukan kasus," ujar Anies.

Lebih lanjut, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebutkan Dinas Kesehatan telah melakukan pemantauan dan mempelajari pola kesehatan serta penyebaran penyakit (epidemiologi) tersebut.

"Setiap orang-orang yang dipantau (akan) dibentuk susunan pattern (pola) interaksinya. Siapa berkegiatan di mana berinteraksi dengan siapa, kapan dan lain-lain," ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan dua WNI yang terjangkit virus corona berdomisili di Depok, Jawa Barat. Keduanya merupakan ibu berusia 64 tahun dan putrinya 31 tahun. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Editor: Ekarina
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...