Gelar Program Pendanaan Tahap 3, Grab Incar Startup Kuliner & Logistik

Fahmi Ahmad Burhan
3 Maret 2020, 15:07
Gelar Program Pendanaan Tahap 3, Grab Incar Startup Kuliner & Logistik
Grab
Ilustrasi, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi

Grab menggelar program pendanaan, Grab Venture Velocity (GVV) angkatan III tahun ini. Decacorn asal Singapura itu mengincar startup kuliner dan logistik kali ini.

Perusahaan penyedia layanan on demand itu sudah menggelar dua kali GVV sejak 2018. Ada 10 startup di Asia Tenggara yang ikut serta program tersebut. Enam di antaranya berasal dari Indonesia yakni Eragano, PergiUmroh, Porter, Sayurbox, Tanihub, Tamasia, dan Qoala.

Tahun ini, Grab tidak menargetkan jumlah startup yang berpartisipasi. Namun, Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, GVV kali ini menyasar restoran kecil dan startup logistik karena dinilai potensial.

"Kami melihat potensi besar, pengusaha warung makanan itu banyak. Sekarang lagi tren, mereka (restoran) bantu ekonomi digital. Lalu, sektor logistik jadi sangat penting di Indonesia," kata Neneng di Jakarta, Selasa (3/2). 

(Baca: Grab Pacu Pengembangan 10 Startup, Mayoritas dari Indonesia)

Grab pun menggelontorkan investasi Rp 3 triliun atau US$ 250 juta untuk menggelar GVV sejak 2018. Neneng mengklaim, program GVV sebelumnya berhasil memberdayakan 117 ribu pengusaha mikro selama dua tahun. 

Startup yang lolos berpeluang mengikuti proyek (pilot project) layanan di platform Grab. "Mereka bisa memaksimalkan konsumen kami. Karena basis pasarnya besar sekali,” ujar Neneng.

Dari dua angkatan sebelumnya, 10 startup sudah menjajal pasar melalui platform Grab. Startup Sayurbox misalnya, masuk di fitur widget aplikasi Grab. “Konsumen bisa membeli sayuran Sayurbox di Grab," kata Neneng. 

Pengembangan ekosistem seperti itu sangatlah penting untuk menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. "Dengan kolaborasi, semakin cepat dan bisa besar sama-sama," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...