Grab Pacu Pengembangan 10 Startup, Mayoritas dari Indonesia

Cindy Mutia Annur
18 Juni 2019, 09:32
Grab menggelar program akselerasi startup, Grab Venture Velocity (GVV) Angkatan II.
Grab
Grab menggelar program akselerasi startup, Grab Venture Velocity (GVV) Angkatan II.

Perusahaan penyedia layanan on demand Grab menggelar program akselerasi startup, Grab Venture Velocity (GVV) Angkatan II. Dari 10 perusahaan rintisan, tujuh di antaranya berasal dari Indonesia.

Startup nasional yang diakselerasi yakni Eragano, PergiUmroh, Porter, Sayurbox, Tanihub, Tamasia, dan Qoala. Dua perusahaan lainnya berasal dari Singapura, yakni Treedots dan Glife. Sisanya, yaitu MyCash Online dari Malaysia.

Advertisement

Empat startup yang diakselerasi melalui program ini bergerak di sektor pertanian, yakni Eragano, Sayurbox, Tanihub, dan Glife. “Kami yakin dampak sosialnya akan sangat besar (kalau startup ini kami akselerasi),” kata President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata di Jakarta, Senin (17/6) malam.

(Baca: Grab Buka Pendanaan Tahap Kedua Bagi Startup Pertanian dan UMKM)

Grab mengangkat tema memberdayakan pengusaha mikro di Asia Tenggara. Tema besar ini, menurut Ridzki sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia yang ingin mengembangkan sektor agritech.

Selain itu, Grab melihat potensi sektor pertanian di Indonesia sangat besar. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terdapat 35 juta penduduk Indonesia yang bekerja di sektor tersebut pada tahun lalu. Ia berharap, program akselerasi tersebut berdampak setidaknya bagi 30 ribu petani di Indonesia dan Singapura.

Ridzki menambahkan, 10 startup tersebut diseleksi dari total 150 yang mendaftar di Asia Tenggara. “Para anak muda ini bukan hanya potensial, tetapi mereka benar-benar punya aksi yang nyata, apalagi mayoritas dari Indonesia,” kata dia.

(Baca: Tiga Startup Indonesia Masuk Program Pembinaan Grab Ventures)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement