Harga Minyak Anjlok, Harga BBM BP-AKR Bisa Turun Bulan Depan

Image title
9 Maret 2020, 11:38
AKR, AKRA, BBM, harga minyak
AKR Corporindo
Ilustrasi, SPBU AKR BP di Subaraya pada Senin (21/10/2019). PT AKR Corporindo Tbk atau AKRA menyebut harga minyak yang anjlok pada Maret 2020 bisa membuat harga BBM turun pada bulan depan.

Harga minyak mentah dunia pada awal pekan ini turun drastis. PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) bersama mitranya BP pun siap menurunkan harga BBM.

Menurut Direktur AKR Suresh Vembu, pihaknya menentukan harga harga BBM berdasarkan formula harga yang merujuk pada Mean of Platts Singapore (MOPS). MOPS yang digunakan berdasarkan harga rat-rat adalam 15 hari atau 30 hari.

Advertisement

Jika rata-rata harga MOPS pada Maret 2020 turun, maka harga BBM juga ikut turun. "Dengan harga minyak rata-rata Maret turun, maka harga BBM per 1 April bisa turun," kata Suresh ke Katadata.co.id pada Senin (9/3).

Berdasarkan data Bloomberg, harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) pada 10.46 WIB turun 30,96% menjadi US$ 28,5 per barel. Sedangkan harga minyak jenis Brent turun 28,72% menjadi US$ 32,27 per barel.

Penurunan harga minyak dipengaruhi keputusan Arab Saudi memangkas harga jual untuk periode April ke semua tujuan dari US$ 6-8 per barel. Selain itu, Arab Saudi berencana menggenjot produksi minyak menjadi lebih dari 10 juta barel per hari (BPH) pada April 2020.

(Baca: Harga Minyak Dunia Anjlok, AKR: Tak Berdampak pada Profitabilitas)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement