Tak Berdaya Dihajar Corona, IHSG Sesi I Anjlok 4,22% ke Level 5.266,28

Happy Fajrian
9 Maret 2020, 13:37
ihsg sesi i, ihsg turun, ihsg hari ini, virus corona, bursa saham asia
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
IHSG sesi I Senin (9/3) turun 4,22% seiring investor beralih ke instrumen investasi rendah risiko untuk menghindari dampak virus corona terhadap perekonomian.

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sesi pertama perdagangan hari ini, Senin (9/3), anjlok hingga 232,26 poin atau 4,22% ke level 5.266,28. Nasib IHSG sama seperti bursa saham global dan Asia lainnya yang tak berdaya dihajar sentimen virus corona.

Meski demikian kinerja IHSG masih lebih baik dibandingkan bursa saham Asia lainnya. Hingga berita ini ditulis, indeks Nikkei 225 dan PSEI Filipina masih memimpin koreksi bursa Asia dengan turun 5,39%. Setelah itu indeks Straits Times dengan koreksi 4,70%, lalu Kospi 3,98%, Hang Seng 3,55%, dan Shanghai 2,38%.

Advertisement

Kepanikan memang tengah melanda investor dunia yang ramai-ramai meninggalkan saham, beralih ke instrumen investasi yang lebih aman seperti obligasi dan emas. Hal ini dilakukan untuk melindungi (hedging) portofolio investasi mereka dari dampak ekonomi virus corona.

Hal ini terlihat dari melonjaknya harga emas menembus level US$ 1.700 per troy ons, yang merupakan harga tertingginya dalam tujuh tahun terakhir.

(Baca: Karena Corona, IHSG Rontok 3,64% Ikuti Kejatuhan Bursa Saham Asia)

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement