Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Besar Sabu dalam Kemasan Teh

Agatha Olivia Victoria
11 Maret 2020, 21:42
Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Finari Manan (kiri) bersama Kanit 1 Subdit 3 Dit Tipid Narkoba Bareskrim Polri AKB Dodi Suryadin (tengah) menunjukkan cara pelaku menyelundupkan sabu didalam bantal kesehatan kepada media saat pers rilis di Kantor B
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Ilustrasi. Kepala Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta Finari Manan (kiri) bersama Kanit 1 Subdit 3 Dit Tipid Narkoba Bareskrim Polri AKB Dodi Suryadin (tengah) menunjukkan cara pelaku menyelundupkan sabu didalam bantal kesehatan kepada media saat pers rilis di Kantor Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (3/2/2020).

Bea Cukai bersama Kepolisian menggagalkan penyelundupan narkotika jenis sabu dan ekstasi di Dumai, Riau, Sabtu (7/3). Modus yang digunakan pelaku dengan menyembunyikan narkotika tersebut ke dalam kemasan teh China.

Petugas gabungan mendapatkan 16 paket sabu kurang lebih 16 kilogram dalam kemasan teh China Guanyiwang dan delapan paket sekira delapan kilogram dalam kemasan teh China Chinese Pin Wei. Di luar itu ada empat paket ekstasi 23 ribu butir dalam tas warna merah. Selain merampas narkotika, petugas meringkus dua tersangka berinisial RY dan SS.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi menyatakan bahwa penindakan bermula dari informasi masyarakat pada Jumat (6/3). “Petugas gabungan Bea Cukai dan Bareskrim Mabes Polri langsung menindaklanjutinya,” kata Heru dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (11/3).

(Baca: Bea Cukai Temukan 440 Kasus Penyelundupan Narkoba Sepanjang 2019)

Para petugas mengintai di daerah Pelabuhan Wilmar dan menemukan dua kurir darat yang berboncengan mengendarai sepeda motor. Sempat terjadi pengejaran karena keduanya melarikan diri. Saat ini barang bukti dan tersangka diamankan dan akan diselidiki lebih lanjut oleh Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri.

Pada waktu bersamaan, Kepolisian menggagalkan penyelundupan narkotika jaringan internasional Malaysia-Batam-Jakarta di Batam. Petugas Kepolisian menangkap dua orang berinisial F selaku pembawa kapal dan S sebagai pengendali penerima sekaligus penyimpan barang.

Pelaku diduga dikendalikan oleh narapidana di Lembaga Permasyarakatan Cipinang. Selain mengamankan tersangka, petugas menyita sebuah tas warna hitam berisi lima bungkus kuning dan satu bungkus hijau kemasan teh China yang sudah terbuka. Isi dari kemasan tersebut diduga narkotika jenis sabu.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...